Guru Honorer Belasan Tahun Mengabdi Berharap Dapat Prioritas PPPK

Guru Honorer Belasan Tahun Mengabdi Berharap Dapat Prioritas PPPK

Terbaiknews - TEGAL- Forum Tenaga dan Guru Honorer Sekolah Negeri (FTGHN) Kota Tegal berharap pemerintah bisa...

TEGAL, - Forum Tenaga dan Guru Honorer Sekolah Negeri (FTGHN) Kota Tegal berharap pemerintah bisa memberikan prioritas guru honorer yang mengabdi lama dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK) tahun 2021.

Kepala FTGHN Kota Tegal Rustanto mengaku menyambut baik rencana Mendikbud Nadiem Makarim yang akan memberi kesempatan guru honorer di daerah menjadi PPPK.

"Terima kasih ke pemerintah yang sudah memberikan peluang melalui PPPK. Harapannya yang mengabdi sudah lama dan berusia di atas 35 tahun bisa masuk prioritas," kata Rustanto, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/11/2020).

Menanti Nasib Pengangkatan 34.000 Guru Honorer yang Lulus PPPK 2019...

Rustanto mengatakan, nasib guru honorer di Kota Tegal masih belum jelas.

Saat ini meski rata-rata sudah mengabdi di atas 15 tahun masih hanya berdasarkan surat keputusan (SK) kepala sekolah yang harus diperpanjang setiap tahun.

"Berharap ada nasib yang jelas. Karena ketika ada guru PNS masuk maka kami terancam kegeser. Harapannya ada payung hukum lebih kuat misalnya SK kepala dinas atau SK wali kota," kata Rustanto.

Meski demikian, Rustanto mengapresiasi Pemkot Tegal yang sudah memberikan perhatian.

Salah satunya dengan memberikan upah harian yang jika dihitung total mencapai hampir Upah Minimum Kota (UMK) per bulan.

"Pemkot Tegal selama ini sudah memberikan perhatian dengan memberikan upah harian mencapai Rp 1,8 juta atau hampir UMK setiap bulannya," kata dia.

Rustanto mengatakan, pihaknya juga berharap Wali Kota Tegal bisa membantu memberikan surat rekomendasi ke Presiden Joko Widodo.