Pencanangan Vaksin Tergantung Kesiapan Daerah

Pencanangan Vaksin Tergantung Kesiapan Daerah

Terbaiknews - Hargo.co.idGORONTALO â&;&; Sesuai rencanapencanangan vaksin Covid-19 di Gorontalo...

Hargo.co.id, GORONTALO â&;&; Sesuai rencana, pencanangan vaksin Covid-19 di Gorontalo Utara digelar 9 Februari 2021. Sukses atau tidaknya, tergantung kesiapan daerah masing-masing.

Ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Youke Lumataw. Menurutnya, ada kemungkinan rencana pencanangan diundur atau dimajukan.

â&;&;Rencananya 9 Februari 2021. Namun, itu tergantung kesiapan masing-masing daerah. Itu baru rencana, dapat saja pelaksanaannya itu dimajukan atau diundur, tergantung dari kesiapan daerah,” ungkapnya.

BACAIni Penjelasan Pemerintah Tentang Vaksin Covid-19 di Gorontalo Utara

Terkait dengan pelaksanaan sendiri, kata Youke Lumataw, untuk peserta yang akan divaksin tetap akan dilakukan pemeriksaan kesehatan lagi.

“Ada beberapa meja yang disiapkan untuk pelaksanaan vaksin dan salah satunya meja untuk pemeriksaan kesehatan terutama untuk pemeriksaan gula dara, tekanan dara, kadar kolesterol atau untuk penyakit yang tidak menular dan ini penting untuk dilakukan,” kata Youke Lumataw.

BACALanggar Protokol Kesehatan, Puluhan Warga Diamankan Petugas

Setelahnya, kata Youke Lumataw, ada meja lain lagi yang semuanya harus dilalui oleh para peserta yang akan divaksin. Yakni meja untuk dilakukan pemeriksaan apakah orang tersebut positif covid atau tidak.

“Dan meja yang terakhir yakni meja setelah dilakukan vaksin, peserta akan duduk disitu untuk melihat reaksi pasca pelaksanaan vaksin,” jelasnya.

BACASoal Interpelasi, Matran: Sikap DPRD Tergantung Penjelasan Bupati

Untuk lama peserta usai divaksin di meja tersebut yakni selama 30 menit untuk dilihat reaksi yang ditimbulkan pasca pelaksanaan vaksin.

“Pada dasarnya, sebelum dilakukan vaksin tetap ada prosedur yang harus dilalui terutama screening yang akan dilakukan kepada peserta yang akan divaksin,” kuncinya. (abk/adv/hg)

Share