Pemkab Gorontalo Siap Tingkatkan Kerjasama dengan Bank Muamalat

Pemkab Gorontalo Siap Tingkatkan Kerjasama dengan Bank Muamalat

Terbaiknews - Hargo.co.idGORONTALO â&;&; Hasil evaluasi atas kerjasama Pemerintah Kabupaten...

Hargo.co.id, GORONTALO â&;&; Hasil evaluasi atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Gorontalo dengan Bank Muamalat Gorontalo dinilai terjalin dengan baik. Karena itu, pemerintah kabupaten Gorontalo berniat untuk meningkatkan kerjasama dengan Bank Syariah tersebut

â&;&;Tadi kita mengevaluasi kerjasama dengan bank Muamalat, selama ini sudah bagus. Kedepannya ada sejumlah kerjasama yang akan dilakukan. Badan Amil Zakat (Baznas) dan semua akan dimasukkan disana kemudian untuk zakat mal maupun zakat fitrah dan sedekah juga akan dimasukan melalui baznas,” kata Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, ditemui usai pertemuan dengan jajaran Bank Muamalat, Selasa (12/01/2021).

BACATanpa Kebersamaan, Pembangunan Tak Akan Jalan

Selain itu, kata Nelson Pomalingo, pihaknya juga akan melakukan kerjasama soal pembangunan Baitul Mal wa Tamwil (BMT) yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan masjid. BMT sendiri merupakan Lembaga keuangan Mikro berbasis syariah

â&;&;Masjid ini banyak, kurang lebih di Kabupaten Gorontalo hampir seribu dan itu basis umat kita. Maka sistem pengelolaan keuangan harus diperbaiki agar pola pengelolaan dana masjid itu terkelola dengan benar, harus didampingi. Intinya untuk membantu umat,â&;&; ujar Nelson Pomalingo.

BACAPT. Royal Coconut Terancam Ditutup, Ingin Tahu Kenapa?

Pembentuan koperasi syariah tersebut, bertujuan untuk meringankan beban masyarakat di bidang ekonomi. Manager Bank Muamalat Gorontalo, Akbar Sulaiman Rets mengatakan, pembangunan berdirinya BMT tersebut juga akan dilakukan kerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Kami juga, akan menginisiasi adanya pembangunan berdirinya BMT di Gorontalo dalam rangka mengantisifasi maraknya rentenir-rentenir yang mencekik. Nantinya, dengan adanya BMT dibawah koordinasi kerjasama dengan BUMD dengan bank muamalat dan pemerintah daerah menjadi pembinanya,” terangnya.

BACAJadi yang Pertama, Lima Kepala Daerah di Gorontalo Siap Divaksin Covid-19

Kerja sama tersebut, lanjut kata Nelson Pomalingo, merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan negara ekonomi syariah

“Kita ketahui juga bahwa Bank Muamalat ini adalah bank Syariah yang secara nasional, kita ingin menjadi Negara ekonomi syariah sehingga kita juga berharap di Gorontalo demikian,â&;&; kunci Nelson Pomalingo. (hiu/adv/hg)

Share