F-PAN Gorut dukung kinerja pemda di masa pandemi COVID-19

F-PAN Gorut dukung kinerja pemda di masa pandemi COVID-19

Terbaiknews - Gorontalo (ANTARA) - Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)...

Gorontalo (ANTARA) - Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten GorontaloUtara, Provinsi Gorontalo, mendukung kinerja pemerintah daerah (pemda) setempat di masa pandemi COVID-19.
"Mendukung kinerja pemerintah daerah sangat penting, agar roda pemerintahan daerah berjalan dengan baik dan pembangunan berjalan lancar," ujar ketua F-PAN DPRD Gorontalo Utara, Lukman Botutihe, di Gorontalo, Rabu.
Pihaknya kata Lukman mengaku, dukungan tersebut diantaranya dengan mempererat komunikasi DPRD dengan pemerintah daerah.
Seperti yang dilakukan badan anggaran dengan ketua tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) Ridwan Yasin dengan DPRD secara kelembagaan, maupun dengan F-PAN secara khusus.
"Kinerja TAPD perlu didukung agar mereka dapat meramu dengan baik anggaran-anggaran yang pro rakyat, namun DPRD akan tetap berlaku objektif atau 'on track' jika terdapat alokasi anggaran yang tidak bersesuaian dengan kepentingan pembangunan maupun yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," ujarnya.
Lukman mengaku, pihaknya terus mengingatkan pemerintah daerah agar dalam pengalokasian anggaran untuk memperhatikan kepentingan masyarakat.
Termasuk mengingatkan tentang pembayaran gaji para pegawai tidak tetap (PTT) dan guru tidak tetap (GTT), serta pembayaran tunjangan kinerja daerah (TKD) bagi para pegawai negeri sipil (PNS) di daerah ini.
"Pemerintah daerah tidak boleh abai dengan kesejahteraan aparaturnya apalagi di masa pandemi COVID-19 yang cukup berdampak pada perekonomian masyarakat," ungkapnya.
"Dukungan tersebut pun tidak mesti memberikan keluasan untuk mengatur tanpa melakukan pengawasan, namun kita meningkatkan sinergi dalam rangka mewujudkan pembangunan yang lebih baik khususnya di masa pandemi COVID-19," tambahnya.
Ia berharap, pemerintah daerah dapat terus meningkatkan kinerja, khususnya aparatur dan tenaga lainnya, dibawah kendali Sekda selaku 'panglima' aparatur sipil negara (ASN) di daerah ini.
Lukman pun mengaku optimistis katanya, realisasi anggaran di tahun 2020 ini dapat tercapai dengan optimal sesuai harapan masyarakat.***