Geliat Wisata Sumedang, Naik Bus Tampomas Bisa Ziarah ke Makam Marongge hingga Waduk Jatigede

Geliat Wisata Sumedang, Naik Bus Tampomas Bisa Ziarah ke Makam Marongge hingga Waduk Jatigede

Terbaiknews - SUMEDANG- Pandemi Covid-19 di Kabupaten SumedangJawa Barat relatif terkendali.Sejak memasuki...

SUMEDANG, - Pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat relatif terkendali.

Sejak memasuki adaptasi kebiasaan baru (AKB), penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Sumedang relatif terkendali dengan berbagai upaya penerapan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah dan dijalankan dalam berbagai sektor kehidupan.

Terbukti, Kabupaten Sumedang yang sebelumnya berada di zona oranye bahkan sempat masuk zona merah, kini turun ke zona kuning.

Selain itu, hingga saat ini, tidak ada klaster khusus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang.

Sektor ekonomi dan pariwisata yang sempat vakum pasca-penerapan PSBB selama 3 tahap pun mulai bergeliat kembali.

Perajin di Sumedang Ini Menyulap Limbah Jadi Miniatur Bernilai Jutaan Rupiah

Meski, sekolah, tempat hiburan karaoke, dan bioskop belum diizinkan dibuka di Kabupaten Sumedang.

Untuk terus menggeliatkan perekonomian warga, melalui sektor pariwisata, Pemkab Sumedang pun terus berinovasi dan menggali berbagai potensi wisata yang ada di Kabupaten Sumedang.

Salah satu upayanya, yaitu dengan memanfaatkan bantuan berupa dua unit bus pariwisata dari Pemprov Jawa Barat, yaitu Bus Tampomas (Trans Moda Pariwisata Masyarakat Kota Sumedang (Tampomas).

Keberadaan Bus Tampomas ini kemudian dipadumaniskan dengan optimalisasi spot-spot wisata di sekitar kawasan Waduk Jatigede.

Video Viral di Medsos, Empat Ibu di Sumedang Gunting Bendera Merah Putih

Nantinya, dengan menaiki bus tampomas, wisatawan dalam dan luar Kabupaten Sumedang akan bertamasya mengelilingi spot wisata yang terdapat di kawasan timur Waduk Jatigede, meliputi empat kecamatan, yaitu Tomo, Jatigede, Jatinunggal, dan Wado (Tojjawa).

Wisatawan, akan diajak berwisata ziarah ke makam keramat Marongge yang terkenal akan pelet Selendang Kukuk Mudik Mbah Gabuk hingga menikmati spot-spot eksotis di sepanjang jalur Jalan Lingkar Timur Waduk Jatigede.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan, dibukanya akses Tojjawa atau simpul wisata Sumedang bagian timur ini akan menggeliatkan sektor pariwisata Sumedang.