Ekonomi Jabar Masih Minus 4 Persen, Ini Saran Bank Indonesia

Ekonomi Jabar Masih Minus 4 Persen, Ini Saran Bank Indonesia

Terbaiknews - BANDUNG- Pandemi Covid-19 membuat ekonomi Jawa Barat terjun bebas hingga sempat menginjak angka...

BANDUNG, - Pandemi Covid-19 membuat ekonomi Jawa Barat terjun bebas hingga sempat menginjak angka minus 6 persen.

Menurut catatan Bank Indonesia, ekonomi Jabar saat ini mulai membaik meskipun masih di angka minus 4 persen.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jawa Barat Herawanto menjelaskan, ekonomi di Jabar masih minus lantaran dipicu masih tertahannya ekspor di sektor manufaktur.

"Mungkin pertanyaan kenapa kok masih minus? Nah, ekonomi Jawa Barat itu memang betul pariwisata adalah salah satu faktor utama. Tetapi ada manufacturing export yang memang masih tertahan," kata Herawanto di Hotel Savoy Homan, Kota Bandung, Selasa (17/11/2020).

Jabar Targetkan Cadangan Beras 40.000 Ton pada 2021

Dengan situasi ekonomi global yang belum stabil, Herawanto menyarankan agar Jabar fokus untuk menggerakkan ekonomi secara domestik.

Salah satu yang bisa jadi tulang punggung adalah sektor pariwisata.

"Tourism kita catat, akomodasi meningkat di kuartal ketiga, perdagangan juga ok. Nah, ini yang harus terus dijaga oleh pemprov karena ini sifatnya adalah jangka panjang. Kebijakan dari pemprov, pemkab dan pemkot terbukti telah meningkatkan gerak orang. Transportasi dan pariwisata mulai meningkat, akibatnya juga belanja meningkat," tambahnya.

Ia menambahkan, ada empat hal yang bisa membuat ekonomi tetap hidup. Yakni pola pikirpositif atau optimisme, keseimbangan pendekatan kesehatan dan ekonomi, menjaga suplai, dan menjaga demand (permintaan).

West Java Investment Summit (WJIS) 2020 ada pada dimensi suplai di mana dimungkinan untuk mempertemukan barang dan jasa dengan orang.

“Kalau tiga hal ini tidak ada maka tidak akan ada transaksi. Kalau tidak ada transaksi, ekonomi tidak jalan. Tapi tentunya ekonomi harus dijalankan dengan protokol kesehatan agar tidak setback,” kata Herawanto.