Tidak Ada Kasus Positif Covid-19, Aktivitas di Kota Kupang Masih Seperti Biasa

Tidak Ada Kasus Positif Covid-19, Aktivitas di Kota Kupang Masih Seperti Biasa

Terbaiknews - Tidak Ada Kasus Positif Covid-19Aktivitas di Kota Kupang Masih Seperti Biasa POS-KUPANG.COM -...

Tidak Ada Kasus Positif Covid-19, Aktivitas di Kota Kupang Masih Seperti Biasa

POS-KUPANG.COM - KUPANG - Merebaknya kasus covid-19 di Indonesia membuat pemerintah mengambil tindakan menghentikan aktivitas di tempat umum, seperti sekolah diliburkan dan bekerja dari rumah. Namun, Kota Kupang sendiri belum menerapkan kebijakan tersebut.

Pejabat Sementara (Pjs) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kupang Elvianus Wairata saat ditemui POS-KUPANG.COM di sela-sela kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Maulafa Tahun Anggaran 2020, Rabu (18/3/2020) mengungkapkan, sekolah belum diliburkan dan aktivitas lain masih berjalan semestinya karena belum ada kasus covid-19 di Kota Kupang.

"Kami akan rapat. Kalau memang ada gejala ke sana dan harus (hentikan aktivitas), sudah ada petunjuknya. Dari Menpan dan Mendagri, ada. Model liburnya, semua staf kerja dari rumah, pejabat tertentu ada yang di kantor, semuanya lewat telepon dan telekonferensi. Tapi itu belum kita lakukan," jelas Elvianus.

Untuk sementara, pemerintah mengimbau agar tidak ada aktivitas berkerumun atau berkumpul dalam jumlah banyak. Terkait kerumunan warga di Taman Nostalgia dan Bundaran Tirosa, sudah ada mobil pemkot yang berkeliling setiap satu jam untuk mengimbau agar tak ada kerumunan lagi.

Selain itu, berkaitan dengan maraknya informasi yang beredar tentang kasus covid-19 di Kota Kupang, Elvianus mengungkapkan bahwa hal tersebut tidak benar atau hoaks.

Ia menambahkan, kesiapan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona sudah cukup baik. Bandara El Tari sendiri sudah memiliki ruang isolasi, sehingga ketika dilakukan cek suhu tubuh melebihi 38 derajat, maka langsung diisolasi. Selain itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang sebagai rumah sakit rujukan pun telah memiliki lima ruang isolasi.

"Bapak, Ibu, tidak perlu panik dan jangan dengar hoaks tentang corona," pintanya.

Ia pun memberi beberapa saran kepada peserta musrenbang agar mencegah penyebaran virus corona, diantaranya menjaga kesehatan, makan makanan yang baik dan bergizi, istirahat yang cukup, olahraga, menghindari kerumunan atau berkumpul dalam jumlah banyak, serta jangan bersentuhan seperti jabat tangan dan cium hidung. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Intan Nuka)