SK Menkes Terbaru: Kerja Shift Malam Selama Pandemi Diutamakan untuk Pekerja di Bawah 50 Tahun

SK Menkes Terbaru: Kerja Shift Malam Selama Pandemi Diutamakan untuk Pekerja di Bawah 50 Tahun

Terbaiknews - SK Menkes Terbaru: KerjaShiftMalam Selama Pandemi Diutamakan untuk Pekerja di Bawah 50...

SK Menkes Terbaru: KerjaShiftMalam Selama Pandemi Diutamakan untuk Pekerja di Bawah 50 Tahun

POS-KUPANG.COM, JAKARTA- MenteriKesehatan ( Menkes) TerawanAgusPutranto mengeluarkan aturan yang melarang karyawan berusia di 50 tahun untuk kerja shift malam selama masa pandemi Covid-19.

Ya, MenteriKesehatanTerawanAgusPutranto baru saja menerbitkan Keputusan MenteriKesehatan (KMK) Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Aturan tersebut salah satunya tentang sistemshiftyang diutamakan untuk pekerja berusia kurang dari 50 tahun.

Dikutip dari keterangan pers Kemenkes, Minggu (24/5/2020), aturan itu ada dalam poin pencegahan penularan Covid-19 untuk pekerjashift.

"Jika memungkinkan, tiadakanshift3 (waktu kerja yang dimulai pada malam hingga pagi hari). Lalu, bagi pekerjashift3 atur agar yang bekerja terutama pekerja berusia kurang dari 50 tahun," ujar Terawan dalam KMK itu.

Terawan lantas menjelaskan alasan diterbitkannya aturan baru tersebut.

Menurut dia, dalam situasi pandemi Covid-19 roda perekonomian harus tetap berjalan dengan mengedepankan langkah-langkah pencegahan.

"(Pemilik) Usaha dan masyarakat pekerja memiliki kontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan karena besarnya jumlah populasi pekerja dan besarnya mobilitas, serta interaksi penduduk umumnya disebabkan aktivitas bekerja," ujarnya.

“Tempat kerja sebagai lokus interaksi dan berkumpulnya orang merupakan faktor risiko yang perlu diantisipasi penularannya,” lanjut Terawan.