OSIS SMAN 1 Lewolema Bikin Workshop Literasi  dan  Kepemimpinan di  Hari  Kasih  Sayang

OSIS SMAN 1 Lewolema Bikin Workshop Literasi dan Kepemimpinan di Hari Kasih Sayang

Terbaiknews - OSIS SMAN1LewolemaBikin Workshop LiterasidanKepemimpinan...

OSIS SMAN1LewolemaBikin Workshop LiterasidanKepemimpinan diHariKasihSayang

POS-KUPANG.COM|MAUMERE--PerayaanHari Kasih Sayang (Valentin Day),14Februari2020dilakukan dengancara berbeda oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Lewolema di KabupatenFloresTimur, PulauFlores.

Ketikakebanyakananak-anak muda merayakan denganpestadan bersenang-senang,para siwa melakukan workshop dasar literasi dan kepemimpinan. Dua kegiatandiharapkan menghidupkanruang belajar menata masa depan.

ThereSia Hewen, Ketua OSISSMAN1Lewolema, mengatakan momentum Valentine tidak harus dengan hiburan, tetapidijadikankesempatan belajar meningkatkan pengetahuan, keterampilan danpengalaman.

"Sebagian generasi mudamemahami sebatas hiburan semata. BagiOSIS SMAN1Lewolemasetiap momentum mesti diisikegiatan edukasi. Butuh ruang dan waktu yang diefektifkan sebagai ruang belajar mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman,” kata Theresia.

Dia menjelaskan, literasi menyentuh rasainspirasi menulis, dan kepemimpinanmelatihsiswamembangkitkanrasapercaya diridan tanggungjawab kepada sekolahdanmasyarakat..

Workshop dasar literasi dan kepemimpinan di Aula Kantor Desa Bantala, Kecamatan Lewolema, dihadiripengurusOSIS Dananggota.

Iamenjelaskan, PermendikbudNomor23 Tahun2015menegaskan pembiasaan siswa membaca buku non mata pelajaran 15 menit sebelum masuk kelas.

"Seorang pemimpin tidak dilahirkan dan langsung jadi. Pemimpin butuh tangga-tangga latihan. OSISadalahruang untuk belajar,” ujar Yohan.

Ketua Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena)FloresTimur,Maksimus Masan Kian, menjadi narasumber workshopmengatakan literasi dan kepemimpinan adalah paket terbaik yang bisa diajarkan kepada siswamenata masa depan.

"Literasi dan kepemimpinan wow...paket terbaik membentuk karakter dan menanta masa depan generasi muda,” kataMaksi.

MenurutMaksi, literasimelatih berbahasa dengan baik. Kita mendapat kesempatan menjadi pembaca yang cerdas dan tekun hingga menjadi penulis yang terampil.

Komunikasi tertata dengan baik. Pembicaraan sistematis dan terstuktur juga berisi, sebab seorang yang literat sudah tentu memiliki banyak referensi. Inimenjadi modal terbaik bagi seorang pemimpin. Seorang pemimpin tidak terlepas dari kemampuan public speaking.

Salah satu faktor mendukung ‘public speaking’ seseorang adalah literasi yang baik.Kualitas pembicaraan seorang pemimpin, gagasan atau ide akan lahir hingga inovasi tercipta jika seorang pemimpin banyak membaca juga menulis. Literasi dan kepemimpinan paket yang luar biasa membentuk pribadi generasi muda.

Workshop dasar literasi dan kepemimpinan di Aula Kantor Desa Bantala, Kecamatan Lewolema, dihadiripengurusOSIS dananggota. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Euginius Mo’a).

Source : https://kupang.tribunnews.com/2020/02/15/osis-sman-1-lewolema-bikin-workshop-literasi-dan-kepemimpinan-di-hari-kasih-sayang