Diduga Tak Netral, Kades hingga ASN di Bulukumba Dilaporkan ke Bawaslu

Diduga Tak Netral, Kades hingga ASN di Bulukumba Dilaporkan ke Bawaslu

Terbaiknews - BULUKUMBA,- Forum Demokrasi Rakyat ( Forderak) melaporkan dua kepala desa ke BawasluKabupaten...

BULUKUMBA,- Forum Demokrasi Rakyat ( Forderak) melaporkan dua kepala desa ke Bawaslu, Kabupaten Bulukumba, karena diduga tidak netral di Pilkada 2020.

Selain itu, Forderak juga melaporkan seorang camat, ASN, kepala dusun dan anggota BPD Desa Bulukumba.

Mereka yang dilaporkan adalah Kepala Desa Tammatto Bulukumba, Arsul Sani, Kepala Desa Bonto Mangiring Bulukumba Muh Zain, Camat Ujung Bulu Bulukumba Andi Gatot, Kepala Dusun Bijawang, Anggota BPD Desa Topanda Amiruddin, dan istri calon bupati nomor urut tiga Sitti Isniah yang merupakan ASN.

"Yang pertama itu Camat Ujungbulu Bulukumba Andi Gatot berfoto bersama dua warga yang tersebar di grup WhatsAap. Dalam foto itu Gatot memeragakan simbol tiga jari kepada salah satu pasangan calon (Paslon) nomor urut tiga Tomy Satria-Andi Makkasau. Dan salah satu warga menggunakan kaos hitam bertuliskan terus mengabdi," kata Anggota Forderak Riswandi Saputra saat ditemui, Rabu (28/10/2020).

Bawaslu Temukan 18 Kasus Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN di Bulukumba

Sementara untuk Kepala Desa Tammatto Bulukumba, Arsul Sani terlihat berfoto dengan menggunakan simbol salah satu paslon Pilkada Bulukumba 2020.

Selanjutnya, ASN Dinas PPA Bulukumba Sitti Isniah berfoto dengan simbol angka tiga.

"Kepala Desa Bonto Mangiring Bulukumba Muh Zain dalam foto yang tersebar di grup mengacungkan tangan dengan simbol cinta yang juga merupakan simbol khas paslon nomor urut tiga. Dan anggota BPD Desa Topanda Amiruddin dalam undangan beserta video, kop undangan bertuliskan Bulukumba Asik yang isinya undangan silaturahmi paslon Askar-Pipink," tuturnya.

Kemudian, Kepala Dusun Bijawang berfoto dengan calon bupati Bulukumba Askar-Pipink.

"Kami tidak mengetahui kapan kejadiannya, yang pastinya semua foto yang beredar itu setelah penetapan calon," ungkapnya.

Berfoto dengan Paslon Bupati Menggunakan Simbol, Kepala Desa Jadi Tersangka

Dihubungi terpisah, anggota Bawaslu Bulukumba, Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Bakri Abu bakar mengatakan, akan mengkaji terlebih dahulu terkait laporan tersebut.

"Laporannya sudah kami terima. Selanjutnya sesuai aturan akan melakukan kajian awal terkait laporan tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Ujungbulu Bulukumba Andi Gatot menjelaskan, foto yang beredar di Facebook jauh sebelum penetapan calon.

"Foto itu saat saya menghadiri kegiatan syukuran di teko. Untuk simbol tiga jari sebagai logo zero waste atau zero kumuh di wilayah saya di kelurahan tanah kongkong," ungkapnya.