Cerita Aprilia, Guru Inspiratif yang Dapat Penghargaan dari Ganjar

Cerita Aprilia, Guru Inspiratif yang Dapat Penghargaan dari Ganjar

Terbaiknews - SEMARANGKOMPAS.com - Peringatan Hari Guru Nasional merupakan hari yang spesial bagi Aprilia...

SEMARANG, KOMPAS.com - Peringatan Hari Guru Nasional merupakan hari yang spesial bagi Aprilia Palupi.

Aprilia yang berprofesi sebagai guru mengajar SMK N 1 Bansari, Temanggung, Jawa Tengah, ini baru saja dinobatkan sebagai guru SMK inspiratif.

Atas kerja kerasnya selama ini, Aprilia menerima penghargaan medali emas yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ketua DPRD Aceh Utara: di Kampung Saya Ada Guru Lillahitaala, 13 Tahun Tak Digaji

Sebelum pandemi Covid-19 merebak, Aprilia telah menginisiasi metode pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan aplikasi daring.

"Aplikasinya sebenarnya bisa digunakan banyak orang pakai mobile exam nulisnya pakai microsoft form. Itu tadinya saya berpikir sebelum pandemi sudah menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh. Uji cobanya waktu itu masih di luar mata pelajaran," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (25/11/2020).

Lantaran mendapat respons yang baik dari para siswanya, akhirnya aplikasi tersebut terus digunakan sejak pandemi hingga sekarang.

"Di tempat saya itu suatu hal yang baru. Ternyata responsnya anak-anak seneng banget dan tertarik. Pas ada pandemi aplikasi itu bisa diterapkan untuk pembelajaran selanjutnya," jelasnya.

Sebelumnya, Aprilia pernah menyabet penghargaan medali emas dalam kompetensi keahlian guru produktif bidang pertanian.

Rencana Belajar Tatap Muka, Guru Disebut Siap, tapi Ada Rasa Terpaksa dan Khawatir

Dalam momentum peringatan Hari Guru Nasional selama pandemi ini, Aprillia berharap semua guru dapat terus menebar inspirasi dalam kondisi sesulit apapun.

"Jadilah guru yang inspiratif. Guru harus mampu memecahkan masalah yang dihadapi di sekitarnya, jangan hanya duduk di belakang meja," katanya.