Bikin Kontroversi Saat di Bali, Pria Asal Rusia Dideportasi

Bikin Kontroversi Saat di Bali, Pria Asal Rusia Dideportasi

Terbaiknews - KOMPAS.com - Masih ingat dengan video viral yang mempertontonkan aksi dua warga negara asing (WNA)...

KOMPAS.com - Masih ingat dengan video viral yang mempertontonkan aksi dua warga negara asing (WNA) menceburkan diri ke laut bersama sepeda motornya?

Video tersebut diunggah oleh pria berkewarganegararan Rusia, Sergei Kosenko, di akun Instagram-nya, @sergey_kosenko.

Salah seorang di video tersebut adalah dirinya. Dia melakukan aksi itu di Pelabuhan Tanah Ampo, Karangasem, Bali, pada Desember 2020 lalu.

Atas berbagai ulah yang dilakukan selama tinggal di Bali itu, Kanwil Kemenkumham Bali memberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan.

Siapakah Kristen Gray, WNA yang Cuitnya soal Bali Viral di Twitter?

"Sergei Kosenko dikenakan tindakan administratif keimigrasian berupa pendeportasian dan penangkalan sebagaimana diatur dalam Pasal 75 Ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian," jelas Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk di Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Bali, Minggu (24/1/2021).

Berdasar hasil pemeriksaan data perlintasan, Sergei diketahui masuk ke wilayah Indonesia pada 31 Oktober 2020 melalui TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Soekarno Hatta dengan menggunakan visa kunjungan.

Izin tinggal kunjungannya berlaku sampai 29 Desember 2020 dan telah diperpanjang hingga 28 Januari 2021.

Menurut data keimigrasian, Sergei tercatat tinggal di Jalan Siligita, Nusa Dua, Badung. Namun, ia mengaku tidak pernah mengetahui dan tidak pernah tinggal di lokasi itu.

Sergei Kosenko, Turis Rusia yang Ceburkan Diri ke Laut bersama Motor Dideportasi dari Indonesia

Pada saat diperiksa, Sergei mengaku menyewa sebuah vila pribadi di daerah Berawa, Canggu dan pernah berpindah-pindah menginap di beberapa tempat di Bali dan Lombok.

Kali terakhir, Sergei tinggal di sebuah hotel di Seminyak, Bali.