Dinkes Mukomuko usulkan penambahan penerima Jamkesda

Dinkes Mukomuko usulkan penambahan penerima Jamkesda

Terbaiknews - Mukomuko (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten MukomukoProvinsi Bengkulu tahun ini berencana...

Mukomuko (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun ini berencana mengusulkan penambahan jumlah warga tergolong miskin sebagai penerima program jaminan kesehatan daerah (jamkesda) yang terintegrasi dengan BPJS Kesehatan.
“Kemungkinan ada penambahan penerimanya, tetapi untuk lebih lanjutnya akan kami konsultasi dengan pejabat di bidang ini,” kata Kasi Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Yudiarman di Mukomuko, Sabtu.
Dinas Kesehatan setempat tahun ini mendapatkan alokasi dana Rp2,9 miliar yang bersumber dari APBD untuk membayar premi BPJS Kesehatan untuk 5.890 warga miskin yang menerima program jamkesda dari pemerintah setempat. Jumlah itu meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Ia mengatakan alokasi dana jamkesda Rp2,9 miliar itu untuk 5.890 keluarga miskin di daerah setempat mengalami kelebihan karena iuran BPJS kesehatan untuk kelas tiga terhitung enam bulan ke depan turun dari Rp42.000 menjadi Rp25.500.
Rencananya, kata dia, kelebihan dana berobat warga miskin di daerah itu untuk menambah jumlah warga miskin sebagai penerima program jamkesda.
Berdasarkan hitungannya, katanya, kelebihan dana jamkesda tersebut bisa untuk membiayai pengobatan 2.400 warga miskin selama enam bulan ke depan.
Namun, katanya, untuk menambah ribuan warga miskin sebagai penerima program jamkesda itu, memerlukan proses dan waktu dalam mengusulkannya hingga ada penetapan penerima program.
“Kami khawatirnya habis waktu untuk mengusulkan penerima program ini sampai penetapan penerima program ini karena butuh waktu panjang dan kalau sampai akhir tahun ini dana tersebut tidak bisa digunakan lagi,” ujarnya.
Untuk itu, pihaknya akan berkonsultasi dengan pejabat di bidang dan Dinas Sosial terkait dengan rencana mengusulkan penambahan penerima program itu.

Berita dengan kategori