UPT PBTPHP Dijadikan Contoh Penerapan Permakultur

UPT PBTPHP Dijadikan Contoh Penerapan Permakultur

Terbaiknews - TANGERANG(KB).- Kantor UPT Produksi Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (PBTPHP) yang...

TANGERANG, (KB).- Kantor UPT Produksi Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (PBTPHP) yang berada di RT 005/04, Kelurahan Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, jadi area percontohan dalam penerapan metode permakultur.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, area pembibitannya di UPT tersebut sudah cukup luas dan harus bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

“Pembibitan berbagai jenis ikan konsumsi maupun tanaman hortikultura bisa dilakukan disini. Pupuknya bisa pakai hasil produksi dari TPA Rawa Kucing,” ujar Arief, saat meninjau UPT Pertanian Terpadu di Kelurahan Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari.

Arief mengatakan, Pemkot Tangerang terus berupaya meningkatkan produktivitas masyarakat dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari dengan menerapkan konsep permakultur di area sekitar tempat tinggal.

Dengan memaksimalkan potensi diharapkan dapat membantu masyarakat yang akan memulai kegiatan pemanfaatan lahan tidur di sekitar tempat tinggal menjadi area pertanian dan perkebunan terpadu.

“Hasilnya bisa dimanfaatkan sendiri atau dipasarkan oleh masyarakat, terlebih di kondisi pandemi sekarang ini,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Arief juga meninjau KWT Korpri yang berada di Komplek Perumahan Korpri RT 06/04, Kecamatan Neglasari, yang melakukan budidaya berbagai tanaman hortikultura dan toga.

“Dirawat ya ibu-ibu tanamannya, lumayan hasilnya bisa dikonsumsi dan lebih hemat belanja,” ujar Arief.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Abduh Surahman menambahkan bahwa pihaknya akan menindak lanjuti arahan yang diberikan dan melakukan pengembangan area sebagai proses pembibitan dengan melibatkan peran warga.

“Program yang menjadi bagian dari ketahanan pangan ini akan terus ditingkatkan dengan memanfaatkan area yang ada untuk bisa menjadi lahan aktif dan produktif,,” ujarnya. (DA)*