Sudah Memasuki 5 Tahun, Jabatan Sekda Kota Serang Segera Dievaluasi

Sudah Memasuki 5 Tahun, Jabatan Sekda Kota Serang Segera Dievaluasi

Terbaiknews - SERANG(KB).- Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang dievaluasi sebelum Agustus mendatang....

SERANG, (KB).- Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang dievaluasi sebelum Agustus mendatang. Sebab, jabatan tertinggi di tubuh birokrasi Pemerintahan Kota Serang tersebut telah memasuki masa jabatan lima tahun.

“Evaluasi secepatnya, mudah-mudahan sebelum Agustus. Nah itu aturannya kan ada,” kata Wali Kota Serang Syafrudin menyampaikan kepada wartawan, Rabu (1/7/2020).

Dalam aturannya, ujar dia, jabatan sekda harus dievaluasi setelah memasuki lima tahun. Jika tidak ada evaluasi, maka saat lima tahun menjabat harus diturunkan, sehingga evaluasi dilakukan untuk menentukan apakah jabatan sekda akan diperpanjang atau diberhentikan.

“Kami juga gak sewenang-wenang menurunkan pak sekda begitu saja. Kalau saya sih berharap, ada jabatan kosong di provinsi. Tapi, di provinsi juga, kan sekarang melalui ini (uji kompetensi),” ucapnya.

Selain jabatan sekda yang saat ini dijabat oleh Tubagus Urip Henus, Syafrudin juga akan melakukan pengisian jabatan kosong (rotasi-mutasi) di Lingkungan Pemkot Serang.

“Harapan kami sih sebelum Agustus ini sudah ada pembahasan, kemudian di Agustus sudah ada mutasi,” tuturnya.

Ia sudah menjabat sebagai Wali Kota Serang selama satu setengah tahun, sehingga saat ini dia sudah bisa melakukan penilaian terhadap kinerja aparaturnya di Lingkungan Pemkot Serang.

“Ada rotasi ada juga mutasi, jadi saya kan sudah setahun setengah lebih, kemudian sudah bisa melihat yang kerja serius yang kerja bagus yang mana, yang cocok di mana sudah mulai kelihatan,” katanya.

Jika pada proses rotasi mutasi sebelumnya ada kesalahan, ujar dia, maka saat ini akan dijadikan ajang evaluasi. Terlebih, ada beberapa jabatan seperti yang seharusnya duduk di bidang kesehatan ditempatlan di kelurahan. Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan Dana Alokasi Umum Tambahan (DAUT) kelurahan.

“Kalau penempatan salah kemarin-kemarin itu sebagai evaluasi sekarang ini. Tapi tidak semua, dievaluasi beberapa saja,” ucapnya.

Kekosongan jabatan

Terpisah, anggota Komisi I DPRD Kota Serang Muhtar Effendi menuturkan, terkait banyaknya kekosongan jabatan di lingkungan Pemkot Serang, agar segera dilakukan pengisian jabatan.

“Segera melakukan pembahasan terkait open bidding, agar kekosongan jabatan di lingkungan struktur pemkot bisa segera diisi. Kekosongan jabatan jangan sampai dibiarkan lama kosong, karena jika dibiarkan akan mengurangi kinerja dan kedisiplinan serta profesionalisme kerja para aparatur sipil negeri di Lingkungan Pemerintah Kota Serang,” tuturnya.

Ia menilai, Kota Serang memiliki sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengisi kekosongan, sehingga pengisian jabatan kosong seharusnya tinggal mengikuti teknisnya sesuai undang-undang.

“Jika ada yang perlu dikonsultasikan dengan Kemendagri dan KASN segera jika perlu. Mengingat keksongan jabatan ini jangan sampai terlalu lama, karena hal ini akan memengaruhi kinerja aparatur sipil negara (ASN) di Kota Serang baik promosi atapun karier kerjanya secara profesional,” katanya. (Masykur/SJ)*