Setruk Pembayaran di Tol Tangerang Merak Beralih ke Digital

Setruk Pembayaran di Tol Tangerang Merak Beralih ke Digital

Terbaiknews - SERANGKOMPAS.com - Pengelola Jalan Tol Tangerang-Merak secara bertahap tidak lagi menyediakan...

SERANG, KOMPAS.com - Pengelola Jalan Tol Tangerang-Merak secara bertahap tidak lagi menyediakan setruk berbentuk fisik sebagai bukti pembayaran kepada pengguna jalan tol.

Sebagai gantinya, Astra Tol Tangerang-Merak menyediakan setruk tol digital yang bisa diunduh di website astratol.co.id.

Inovasi tersebut juga sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan mengurangi kontak fisik.

“Untuk penerapannya dilakukan secara bertahap, hingga nantinya tidak ada lagi setruk fisik. Jadi kami berharap masyarakat sudah mulai beralih ke setruk digital,” kata Direktur Teknik dan Operasi Astra Rinaldi dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (28/1/2021).

Diangkat Jadi Komisaris Perusahaan BUMN, Jubir Bobby-Aulia Mengaku Diusulkan Langsung oleh Menteri

Menurut Rinaldi, pengguna jalan dapat mengunduh setruk dengan membuka website astratol.co.id.

Kemudian memasukan nomor uang elektronik yang digunakan saat transaksi. Kemudian pilih tanggal yang diinginkan, kemudian klik unduh pada setruk yang diinginkan.

“Meski demikian, ada batasan waktu penyimpanan di website ini, yaitu 30 hari pasca transaksi. Jadi jika pengguna jalan mencari transaksi melewati itu, sudah tidak bisa lagi menemukannya,” ujar Rinaldi.

Warga Agam Temukan 53 Butir Telur Buaya di Kebun Sawit

Selain itu, penerapan struk digital yang sudah dimulai sejak 26 Januari 2021 lalu itu juga sekaligus menjaga lingkungan hidup dengan mengurangi penggunaan kertas.

"Inovasi ini juga tidak membuat timbunan sampah dari setruk kertas yang biasanya tercecer di gardu-gardu," kata Rinaldi.