Chandra Asri Bangun Panel Surya Berkekuatan 554 MW Per Jam di Banten

Chandra Asri Bangun Panel Surya Berkekuatan 554 MW Per Jam di Banten

Terbaiknews - JAKARTAKOMPAS.com - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk membangun instalasi panel surya atau...

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk membangun instalasi panel surya atau photovoltaic (PV) kedua di kompleks petrokimia di Cilegon, Banten. Dalam pembangunan ini, Chandra Asri menggandeng Total Solar DG.

Instalasi panel surya pada atap ini akan mengalirkan listrik untuk area gudang Chandra Asri, gedung laboratorium dan stasiun pengisian untuk forkliftlistrik yang mampu mengurangi emisi karbon dioksida hingga 438 ton.

“Kami berkomitmen untuk terus mengurangi emisi karbon yang dihasilkan di setiap area operasional kami serta meminimalisir dampaknya terhadap lingkungan,” ujar Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/2/2021).

RI Dapat Hibah Rp 704 Miliar dari Jepang, Dipakai untuk Bangun 6 Sentra Perikanan

Panel tenaga surya ini menghasilkan tambahan daya listrik tenaga surya sebesar 554 megawatt per jam yang setara dengan konsumsi 40 rumah tangga dan mampu mereduksi CO2, jumlah yang sama dengan menanam hampir 7.000 pohon.

Proyek ini menyusul keberhasilan kerja sama instalasi panel surya pertama yang dibangun oleh Total Solar DG pada 2019 dan mampu menghasilkan energi 935 megawatt per jam untuk mengaliri listrik gedung perkantoran Chandra Asri di Cilegon.

“Sebagai salah satu produsen energi surya terkemuka di Asia Tenggara, Total Solar DG dapat membantu memenuhi tujuan kami dalam mengutamakan prinsip keberlanjutan di semua area operasional kami,” kata dia.

Kabar Baik, Pemerintah Perpanjang Insentif Pembebasan Pajak Karyawan

Sementara itu, CEO of Total Solar Distributed Generation Southeast Asia Gavin Adda menambahkan, pihaknya memberikan layanan instalasi energi surya untuk memberikan solusi yang memenuhi dua aspek kelestarian lingkungan dan tujuan penghematan biaya.

“Kami berharap dapat mendukung Chandra Asri dalam upayanya untuk mengurangi emisi karbon selama beberapa dekade mendatang,” ucap dia.

Berita dengan kategori