Pemkab Belitung berupaya bangkitkan sektor UMKM

Pemkab Belitung berupaya bangkitkan sektor UMKM

Terbaiknews - Belitung,Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten BelitungProvinsi Kepulauan Bangka Belitung,...

Belitung,Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berupaya membangkitkan kembali sektor UMKM guna memulihkan perekonomian masyarakat terdampak COVID-19.
"Kami berupaya keras membangkitkan sektor UMKM agar kembali bergairah meskipun pandemi COVID-19 belum berakhir," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Kamis.
Dikatakan, usaha membangkitkan pada sektor ini mulai dari kegiatan pameran, peningkatan kualitas produk termasuk mendorong pelaku UMKM memperluas jaringan pemasaran melalui layanan digitalisasi.
"Saya mendorong pelaku UMKM agar penjualan konvensional atau tatap muka yang selama ini dilakukan, secara bertahap membuka jangkauan pemasaran dengan sistem digital atau online," jelasnya.
Menurutnya, perkembangan teknologi informasi dianggap lebih efektif bagi konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan tanpa membuang waktu harus bertemu ke pasar.
"Melalui dinas terkait akan terus memberikan pendampingan untuk membantu pelaku UMKM jika menghadapi persoalan," ujarnya.
Dia optimistis, pelaku UMKM di Kabupaten Belitung yang mencapai ratusan orang dapat kembali pulih seperti sebelum adanya COVID-19 meskipun membutuhkan waktu.
"Saya optimistis, sektor ekonomi masyarakat dapat pulih karena sektor pariwisata juga sudah mulai beraktivitas meskipun masih mengandalkan wisatawan dalam negeri," ujarnya.
Dikatakan, dengan dibukanya sektor pariwisata seperti perhotelan, restoran dan sejumlah objek wisata akan memberikan dampak positif pada aktivitas UMKM.