Belitung catat ketersediaan sapi kurban sebanyak 606 ekor

Belitung catat ketersediaan sapi kurban sebanyak 606 ekor

Terbaiknews - Belitung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten BelitungProvinsi Kepulauan Bangka Belitungmencatat...

Belitung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat ketersediaan sapi kurban di daerah itu mencapai 606 ekor atau dmelebihi dari kebutuhan masyarakat untuk berkurban pada perayaan Idul Adha 1441 Hijriah.
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Suparman di Tanjung Pandan, mengatakan, terdata 606 ekor sapi kurban ditingkat pedagang, jumlah tersebut melebihi kebutuhan masyarakat untuk berkurban yang diperkirakan sebanyak 550 ekor sapi.
Dia mengakui, akibat pandemi COVID-19, kebutuhan masyarakat atau pembeli hewan mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya yang mampu mencapai hampir 600 ekor.
Pemkab Belitung menunggu instruksi pembubaran Gugus Tugas COVID-19
Baca juga: Pemkab Belitung akan bentuk tim pengganti Gugus Tugas COVID-19

"Akibat pandemi COVID-19, berdampak pada menurunya daya beli masyarakat terhadap hewan kurban karena menurunnya pendapatan ekonomi masyarakat," jelasnya.
Sementara ketersediaan kambing kurban untuk kebutuhan masyarakat dari data di sejumlah pedagang kata dia, sebanyak tercatat sebanyak 1.550 ekor.
"Kami melakukan pengawasan terhadap penjualan hewan kurban untuk memberikan perlindungan kesehatan hewan bagi masyarakat karena diperkirakan saat ini masyarakat sudah mulai membeli hewan kurban di tingkat pedagang," katanya.
Menurutnya, terdapat 34 kadang hewan yang dilakukan pengawasan kesehatan hewan oleh petugas kesehatan hewan dan memberikan tanda berupa kalung pada hewan yang dinyatakan sehat atau layak dijual.
"Hewan yang dinyatakan sehat akan diberi tanda guna mempermudah masyarakat memilih hewan yang akan dibelinya," jelasnya.

COVID-19 Detais Indonesia

Berita dengan kategori