Bawaslu Bangka Tengah temukan 1.559 data pemilih ganda

Bawaslu Bangka Tengah temukan 1.559 data pemilih ganda

Terbaiknews - KobaBabel (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka TengahProvinsi Kepulauan Bangka...

Koba, Babel (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menemukan 1.559 data pemilih ganda untuk Pilkada 2020 di wilayah tersebut.
"Setelah kami lakukan analisa terhadap 129.199 data pemilih sementara (DPS) yang ditetapkan pihak KPU, kami melacak ada sebanyak 1.559 data pemilih ganda," kata Ketua Bawaslu Bangka TengahRobianto di Koba, Selasa.
Pihaknya sudah menyampaikan hasil temuan itu kepada KPU untuk segera diperbaiki sebelum DPT Pilkada 2020 disahkan dalam rapat pleno nanti.
"Data pemilih ganda itu tersebar pada enam kecamatan di daerah ini dengan rincian di Kecamatan Koba terdapat 249 data pemilih ganda, Lubuk Besar 203, Namang 68, Pangkalanbaru 298, Simpangkatis 215 dan Kecamatan Sungaiselan 526 pemilih ganda," jelasnya.
Ia mengatakan, data pemilih ganda itu sudah difaktualisasi. "Kita akan pastikan keberadaan pemilih dan status kependudukannya di mana untuk kami kawal dalam rapat pleno nanti," ujarnya.
Ia menyatakan pihaknya memiliki aplikasi khusus untuk melacak data pemilih ganda yang tersebar pada enam kecamatan di daerah ini.
"Aplikasi tersebut tingkat akurasi tinggi, ditambah pula kami tetap melakukan pencekan secara faktual di lapangan," ujarnya.
Sementara itu, PilkadaBangka Tengah diikuti oleh dua pasangan calon. Pasangan Ibnu Saleh-Herry Erfian dengan slogan "BERIMAN" diusung sebanyak tujuh partai politik koalisi yaitu Nasdem, Golkar, Gerindra, PPP, PAN, PKS dan PKB.
Sementara pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo diusung dua partai politik yaitu PDIP dan Partai Demokrat.

Berita dengan kategori