Angka Realisasi Vaksinasi di Brebes Masih Rendah, Kadinkes: Besok Kita Eksekusi

Angka Realisasi Vaksinasi di Brebes Masih Rendah, Kadinkes: Besok Kita Eksekusi

Terbaiknews - BREBES- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr. Sartono mengakui angka realisasi vaksinasi...

BREBES, - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr. Sartono mengakui angka realisasi vaksinasi Covid-19 terhadap tenaga kesehatan (nakes) hingga hari ketiga Rabu (27/1/2021) masih rendah.

Meski demikian, Sartono memastikan, akan mengejar ketertinggalan realisasi setelah sebelumnya melakukan persiapan yang matang.

"Betul (masih rendah). Besok Insya Allah 90 persen. Karena memang baru besok kita eksekusi," kata Sartono saat dikonfirmasi, Rabu (27/1/2021) malam.

Vaksinasi Baru Jalan 0,13 Persen, Kabupaten Brebes Diminta Kejar Target

Sartono mengatakan, dalam tiga hari terakhir sejak pencanangan vaksin hari pertama Senin (25/1/2021) lalu, pihaknya lebih dahulu melakukan persiapan matang.

"Tiga hari ini kita siapkan semuanya. Vaksinasi harus dilakukan dengan kehati-hatian. Bukan untuk lomba. Target terpenuhi namun safety nomor satu," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Kesehatan Jawa Tengah mencatat sebanyak 86.570 tenaga kesehatan telah disuntik vaksin Covid-19 tahap pertama di Jawa Tengah.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut mencapai 52,4 persen dari jumlah nakes yang menerima vaksin pada termin pertama dan termin kedua yang digelar di 1.298 fasilitas kesehatan.

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Jateng Capai 52,4 Persen, Brebes Jadi Sorotan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan, pihaknya menyoroti pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Brebes karena baru 0,13 persen nakesnya yang telah disuntik vaksin.

"Nakes di Brebes baru 20 orang yang disuntik, dari 5.591 total sasaran nakes atau 0,13 persen. Saya minta Brebes segera menyesuaikan surat edaran Sekda Provinsi, di suratnya sudah tegas diharapkan selesai hari Kamis besok hingga hari ini belum bergerak," tegasnya.

Seperti diketahui, Jawa Tengah mendapatkan dua kali jatah vaksin Covid-19. Termin pertama sebanyak 62.560 dosis untuk 32.973 nakes, lalu termin dua sebanyak 248.600 dosis untuk 122.617 nakes.

Penyuntikan tahap satu termin pertama, dilakukan untuk tiga daerah yakni Surakarta, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang pada 14 Januari 2021. Sementara termin kedua untuk 32 kabupaten kota, dimulai pada tanggal 25 Januari 2021.