Rancang Penyelundupan Warga Rohingya ke Aceh, 5 Orang Ditangkap, 2 di Antaranya Nelayan

Rancang Penyelundupan Warga Rohingya ke Aceh, 5 Orang Ditangkap, 2 di Antaranya Nelayan

Terbaiknews - KOMPAS.com - Lima orang ditetapkan sebagai tersangka karena merancang penyelundupan warga Rohingya...

KOMPAS.com - Lima orang ditetapkan sebagai tersangka karena merancang penyelundupan warga Rohingya ke Aceh dan Medan beberapa waktu lalu.

Dari lima tersangka, dua di antaranya adalah nelayan asal Aceh Timur. Sementara dua orang lainnya adalah warga etnis Rohingya yang telah lama menetap di kamp pengungsian Rohingya di Medan.

Sementara satu pelaku adalah seorang perempuan asal Medan.

“Lima tersangka jaringan penyelundupan manusia ke wiliayah Indonesa sudah berhasil diamankan. Dua orang nelayan warga Aceh Timur, satu wanita asal Medan, Sumatera Utara, dan dua tersangka etnis Rohingya,” kata Kepala Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Aceh Kombes Sony Sanjaya kepada wartawan saat konferensi pers, Selasa (27/10/2020).

Polisi Bongkar Sindikat Penyelundupan Warga Rohingya ke Aceh dan Medan, Tujuan Akhir Malaysia

Rombongan Rohingya dijemput dua nelayan

Rancang Penyelundupan Warga Rohingya ke Aceh, 5 Orang Ditangkap, 2 di Antaranya NelayanANTARA FOTO/RAHMAD Sejumlah imigran etnis Rohingya beristirahat di pesisir Pantai Ujong Blang, Lhokseumawe, Aceh, Senin (7/9/2020). Sebanyak 297 imigran etnis Rohingya, dengan rincian 181 perempuan, 102 orang laki-laki, dan 14 orang anak-anak, terdampar ke perairan Aceh sekita pukul 00.30 WIB pada Senin dini hari.
Sonny mengatakan kasus penyelundupan tersebut terungkap saat penyelamatan satu kapal Rohingya di perairan laut Lhokseumawe pada Juni 2020 lalu.

Ia mengatakan sebenarnya puluhan Rohingya tersebut dijemput oleh dua tersangka nelayan Aceh Timur dari sebuah kapal besar di tengah laut.

Di sebutkan ada 900 orang di kapal besar tersebut.

Sebagian kemudian dinaikkan ke kapal milik tersangka dan dibawa ke perairan laut Aceh. Tiba-tiba kapal tersebut rusak dan warga Rohingya tersebut ditolong oleh para nelayan.

"Kemudian mereka dinaikkan ke kapal nelayan dibawa ke perairan laut Aceh dengan kondisi kapal tiba-tiba rusak, sehingga ditolong oleh nelayan,” lanjutnya.

Menlu: Indonesia Tampung Sementara 396 Pengungsi Rohingya Sepanjang 2020

Tujuan akhir Malaysia

Rancang Penyelundupan Warga Rohingya ke Aceh, 5 Orang Ditangkap, 2 di Antaranya NelayanAFP/RAHMAT MIRZA Sejumlah imigran etnis Rohingya asal Myanmar tiba di Lhokseumawe, Aceh, Senin (7/9/2020). Sebanyak 297 imigran etnis Rohingya, dengan rincian 181 perempuan, 102 orang laki-laki, dan 14 orang anak-anak, terdampar ke perairan Aceh sekita pukul 00.30 WIB pada Senin dini hari.
Sony menjelaskan dua tersangka yang berhasil ditangkap berperan sebagai perantara untuk menyewakan kapal nelayan di Aceh Timur.