9,8 Persen Tenaga Kesehatan DIY Sudah Divaksinasi Dosis Kedua

9,8 Persen Tenaga Kesehatan DIY Sudah Divaksinasi Dosis Kedua

Terbaiknews - YOGYAKARTA- Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY) mencatat sebanyak 9,8 persen tenaga...

YOGYAKARTA, - Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY) mencatat sebanyak 9,8 persen tenaga kesehatan (nakes) sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua.

Kepala Dinkes DIY Pembajun Setianingastutie mengatakan, total nakes DIY yang rencananya akan divaksin sebanyak 34.958 orang.

"Untuk dosis kedua yang divaksin sudah 3.441. Yang ditunda 116 dan yang tidak diberikan 23 orang," kata Pembajun saat dihubungi, Rabu (3/2/2021).

Baru 25 Persen Nakes Divaksin, Ridwan Kamil Sebut Vaksinasi Tahap I Belum Memuaskan

Dengan melihat capaian ini, pihaknya optimistis target vaksinasi untuk seluruh nakes di DIY dapat selesai pada akhir Februari 2021.

"Ya harus (terkejar). Bagaimana caranya. Kalau tidak segera selesai ya bagaimana. Pasti nanti ada yang sedikit-sedikit belum. Nah yang belum (ketinggalan) ini nanti gimana caranya kita selesaikan berbarengan kalau memang sudah harus masuk tahap yang kedua. Tetapi, kami berupaya supaya yang tahap pertama ini selesai sesuai target," tegas Pembajun.

Ia mengungkapkan, ada sebanyak 2.084 nakes yang pemberiannya terpaksa ditunda. Sedangkan 1.105 lainnya dibatalkan.

Untuk nakes yang ditunda dikarenakan memiliki tensi tinggi dan kondisi badan yang kurang fit.

"Kalau yang tidak diberikan (dibatalkan) itu, misal karena ibu hamil, menyusui, penyintas, dan lain-lain," papar Pembajun.

Kematian Nakes akibat Covid-19 Tertinggi Nasional, Begini Respons IDI Jatim

Pihaknya saat melakukan vaksinasi sempat mengalami beberapa kendala, seperti perubahan data penerima karena pelonggaran kebijakan pemerintah.

Menurut dia, sekarang ini tidak hanya nakes yang sudah terdata di sistem pendataan BPJS yang mendapatkan vaksinasi.