3 Sungai Meluap, Kota Bandung Diterjang Banjir, Kendaraan Terbawa Arus

3 Sungai Meluap, Kota Bandung Diterjang Banjir, Kendaraan Terbawa Arus

Terbaiknews - BANDUNG- Hujan deras yang mengguyur kota BandungJawa BaratMinggu (25/10/2020)mengakibatkan...

BANDUNG, - Hujan deras yang mengguyur kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (25/10/2020), mengakibatkan sejumlah sungai di beberapa titik meluap dan mengakibatkan banjir bandang.

Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mencatat, ada tiga titik wilayah yang sungainya meluap dan satu daerah yang longsor.

Kasi Tanggap Darurat Diskar PB Kota Bandung, Robbie mengatakan, tiga daerah yang terdampak hujan deras ini yakni daerah Pagarsih, yang sempat terendam karena meluapnya Sungai Citepus.

Selain itu, sungai Cilimus pun sempat meluap dan merendam jalan di Daerah Sukamulya.

Banjir, 346 Jiwa Warga Bekasi Jaya Mengungsi

Bahkan beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang pengendara motor yang terbawa arus banjir luapan Sungai Cilimus di Jalan Sukamulya Indah, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Sukajadi pada Minggu (25/10/2020) sekitar pukul 16.00 WIB.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, pengendara tampak nekat melewati jalan yang sudah tertutupi banjir bandang. Pengendara itu pun jatuh terbawa arus bersama kendaraannya.

Luapan sungai pun terjadi di daerah Sukaraja, dalam video yang beredar sebuah rumah terendam banjir hingga sampai atap. Robbie mengatakan bahwa kejadian tersebut memang terjadi akan tetapi rumah tersebut dibangun di cekungan tanah.

"Rumah itu posisinya memang berada dibawah cekungan, sehingga air yang masuk kesitu merendam rumah tersebut," kata Robbie yabg dihubungi Kompas.com, Senin (26/10/2020).

Selain itu, longsor juga terjadi di Jalan Bukit Jarian, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

9 Kelurahan di Kota Bekasi Terdampak Banjir, Ini Rinciannya

Tak korban jiwa dalam kejadian ini karena lokasi longsoran tak mengenai perumahan warga.

"Jadi kejadian kemarin itu ada tiga banjir luapan sungai di tiga daerah dan satu kejadian longsor," ucapnya.