Warga Kepulauan Cook Bisa Kunjungi Selandia Baru Tanpa Karantina

Warga Kepulauan Cook Bisa Kunjungi Selandia Baru Tanpa Karantina

Terbaiknews - KOMPAS.com – Warga Kepulauan Cooksebuah negara kepulauan di Pasifikkini bisa bepergian ke...


KOMPAS.com – Warga Kepulauan Cook, sebuah negara kepulauan di Pasifik, kini bisa bepergian ke Selandia Baru tanpa harus melakukan karantina. Namun untuk saat ini, kebijakan tersebut baru berlaku satu arah.

Seperti dilansir dari Stuff, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dan Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown mengatakan bahwa pelancong dari Kepulauan Cook bisa melakukan perjalanan bebas karantina ke Selandia Baru mulai 21 Januari 2021.

“Setelah status bebas Covid-19 di Kepulauan Cook dikonfirmasi disertai penerapan protokol kesehatan dan perbatasan yang lebih ketat, kita sekarang bisa kembali melanjutkan perjalanan bebas karantina untuk pelancong dari Kepulauan Cook ke Selandia Baru,” kata Ardern.

Perbatasan Selandia Baru Tetap Tutup Sampai Masyarakat Divaksinasi

Kebijakan tersebut baru berlaku untuk para pelancong dari Kepulauan Cook saja. Bagi pelancong dari Selandia Baru yang mau pergi ke Kepulauan Cook, kebijakan tersebut masih belum berlaku.

“Kami mengatakan bahwa akan mengambil pendekatan bertahap dalam melanjutkan kebijakan perjalanan dua arah, dan hal tersebut hanya akan bisa dilakukan ketika semua protokol keamanan sudah tercapai,” lanjut Ardern.

Perjalanan bebas karantina di antara kedua negara diprediksi akan bisa berlangsung di tiga bulan pertama tahun 2021.

Brown mengatakan, masyarakat Kepulauan Cook benar-benar menantikan kebijakan bebas karantina ke Selandia Baru yang berlaku dua arah. Hal tersebut akan berdampak penting dalam membuka akses untuk layanan penting.

Warga Kepulauan Cook Bisa Kunjungi Selandia Baru Tanpa KarantinaPIXABAY / KEWL Ilustrasi Selandia Baru - Gunung Cook.

“Saya mendukung usaha bersama dengan pemerintah Selandia Baru untuk menerapkan koridor perjalanan aman ini yang akan membuka sektor kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan hubungan sosial untuk pertama kalinya dalam waktu berbulan-bulan untuk warga kami,” imbuh Brown.

Untuk bisa memasuki Selandia Baru, warga Kepulauan Cook tidak boleh berpegian ke luar negeri dalam kurun waktu 14 hari terakhir.

Mereka juga tidak boleh memiliki kontak dengan orang yang terkonfirmasi Covid-19 dalam kurun waktu 14 hari terakhir. Serta harus menjaga jarak di bandara dari siapa pun yang tidak datang dari Kepulauan Cook.

Otoritas kesehatan akan melakukan pemeriksaan suhu secara acak pada para penumpang dari semua penerbangan dari Kepulauan Cook ke Selandia Baru.

Video Komedi, Cara Selandia Baru Ajak Turis Tidak Berpose Seperti Influencer

Sementara itu, Bandara Auckland Selandia Baru akan menggunakan “jalur perjalanan aman” untuk memisahkan penumpang dari Kepulauan Cook dari kedatangan lainnya.

Sebelum kembali ke Kepulauan Cook, para penumpang masih harus melakukan tes Covid-19 dalam kurun waktu 96 jam sebelum keberangkatan.

Maskapai penerbangan Air New Zealand mengatakan, mereka akan mengoperasikan dua penerbangan per minggu. Berangkat dari Raratonga di Kepulauan Cook pada hari Rabu dan Sabtu menggunakan armada A320.

Berita dengan kategori