Sedapnya Mencicipi Kuliner Legendaris di Kota Kuningan Jawa Barat

Sedapnya Mencicipi Kuliner Legendaris di Kota Kuningan Jawa Barat

Terbaiknews - Kota Kuningan adalah kota tempat saya menimba ilmu mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah...

Kota Kuningan adalah kota tempat saya menimba ilmu mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. ÂLetaknya di kaki Gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat. Udaranya cenderung sejuk dan suasananya sepi. Angkutan kota dibatasi hanya sampai pukul 7 malam. Sehingga adanya transportasi online sangat membantu untuk kondisi sekarang.

Apa yang menarik dari Kota Kuningan ? Alam dan suasananya sudah pasti. ÂNamun ada lagi hal yang dapat dinikmati oleh pelancong pada saat liburan ke Kuningan. Tentu saja kuliner legendarisnya. Ya, kuliner legendaris dari jaman dahulu yang masih tetap bertahan Âdi era gempuran kuliner kekinian.

Hampir semua kuliner legendaris berada terletak di pusat Kota Kuningan. Dikarenakan kotanya sangatlah kecil, yang dimaksud dengan tengan kota hanya sebatas 2 Km dari alun-alun Kota Kuningan. Kami sering menyebut pula alun-alun ini dengan Taman Kota ( Tamkot ). Karena ini adalah salah satu tempat yang ramai dikunjungi oleh penduduk lokal pada saat akhir minggu.

Di tengahnya maraknya pariwisata di Kota Kuningan, salah satu hotel legendaris yang dapat dijadikan pilihan adalah Grand Cordela AS Putra Kuningan. Hotel ini telah berdiri sejak saya SD dan berganti nama serta kepemilikan, sampai dengan akhir tahun kemarin saya membaca bahwa Hotel Grand Cordela AS PutraÂsaat ini berada dalam naungan Omega Management ( detail dapat dilihat di Hotel Omega Management). Hotel ini terletak di jalan protokol kota, yaitu Jalan Siliwangi. Sangat strategis. Kamar yang tersedia adalah 112 kamar ditambah dengan fasilitas meeting room yang sangat luas. Hotel ini menjadi salah satu hotel yang saya rekomendasikan pula pada atasan saya pada saat melakukan kunjungan dinas ke Kota Kuningan.

Berbicara kuliner legendaris yang saya sebutkan sebelumnya, dibawah ini adalah rekomendasi kuliner legendaris yang dapat dicicipi pelancong. Letaknya di pusat kota dan harganya murah meriah. Anda dapat mengunjunginya dengan berjalan kaki jika menginap di Hotel Grand Cordela AS Putra Kuningan. Atau jika merasa malas, dapat pula dibeli dengan menggunakan aplikasi online online.Â

Hucap ( Tahu Kecap ) TOP Mih Iroh

Hucap adalah kuliner paling terkenal seantero Kota Kuningan. Hucap merupakan singkatan dari Tahu Kecap yang merupakan penganan berisi tahu dan kupat (bahasa Indonesia : ketupat) yang disiram oleh saus kacang dan kecap manis. Hucap Mih Iroh sudah berdiri sejak 20 tahun yang lalu. Pada saat saya masih SMU, lokasi Hucap Mih Iroh berada di Ruko Plaza Kuningan, namun seiring dengan renovasi bangunan, lokasinya berpindah ke Jalan Dewi Sartika.

Hucap Mih Iroh digemari oleh pengunjung karena rasanya yang legit. Berbeda dengan hucap di pedagang lain. Saat itu kami masih dapat memesan porsi untuk anak-anak. Harganya pun terjangkau oleh kantong pelajar. Sehingga tidak heran, pengunjungnya adalah pelajar sampai orang tua. Hucap dapat disantap sebagai sarapan ataupun sebagai makan siang. Rasanya akan tambah sempurna dengan memesan Es The Manis pada saat menyantap Hucap Mih Iroh.

Baso Solo Mustika

Pedagang Bakso bertebaran di mana-mana. Namun salah satu bakso legendaris adalah Baso Solo Mustika. Perlu diperhatikan pula bahwa penduduk Kuningan menyebutnya Baso bukan Bakso seperti diucapkan oleh penduduk Jakarta. Baso Solo Mustika sering kami sebut dengan Baso Solo Anita dikarenakan gerobaknya berada di depan Toko Sepatu Anita.

Baso Solo Mustika ini sangat ramai dikunjungi oleh ibu-ibu yang baru pulang berbelanja di Supermarket ataupun di pasar traditional Kuningan. Penjualnya masih menggunakan gerobak dorong sampai dengan hari ini. Dan pengunjung hanya bisa duduk di kursi kayu panjang untuk menikmati Baso enak ini. Dalam satu porsinya terdapat satu baso besar dan beberapa baso kecil. Pengunjung harus datang ke tempat untuk dapat menikmati enaknya baso ini. ÂÂ

VIDEO PILIHAN