Rintisan Wisata Mata Air Sungai Pemali di Winduaji, Brebes

Rintisan Wisata Mata Air Sungai Pemali di Winduaji, Brebes

Terbaiknews - Mata air Sungai Pemali ada di Desa WinduajiKabupatem Brebes wilayah selatan yang berbatasan dengan...

Mata air Sungai Pemali ada di Desa Winduaji, Kabupatem Brebes wilayah selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Banyumas. Masuk dalam wilayah perhutani Pekalongan bagian barat.

Sebenarnya tempat ini sudah di kenal sejak dulu kala, jaman belum ada android, bahkan jaman belum ada listrik. Dulu dikenal dengan sebutan SIRAH, kemungkinan karena sebagai sumber mata air paling atas jadi di sebut Sirah atau dalam Bahasa Indonesia adalah kepala.

Sejak dulu Sirah sudah sering disambangi warga sekitar karena pemandangannya indah, udaranya sejuk, airnya jernih dan banyak ditumbuhi tanaman selada air. Namum waktu itu masih berupa jalan setapak untuk naik sampai mata air, sekarang jalan sudah lebar dibangun oleh pihak perhutani.

Kini lokasi tersebut tengah dirintis akan menjadi obyek wisata baru di Desa Winduaji, dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan Lembafa Masyarakat Desa Hutan (LMDH), pastinya tidak lepas dari anggaran dana desa oleh pemerintah desa.

Saat ini sedang dalam prosea membersihkan aliran sungai dari sampah daun dan lainnya, hal ini dilakukan oleh berbagai komunitas secara sukarela. Kerja sama untuk menfelola obyek ini diantaranya oleh Pemdes Winduaji, Bumdws, LMDH, seluruh kelembagaan yang ada di desa Winduaji, komunitas bonsai, motor, kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan forum desa wisata (deswita).

Diharap kedepannya obyek wisata ini akan menambah penghasilan asli desa (PAD) dan juga meningkatkan ekonomi warga, ijin dari perhutani sudah turun perJanuari 2021 ini sehingga makin mantap untuk mengelolanya secara bersama-sama.Â

Pengelolaan ini tetap mengedepankan penghijauan, kecintaan kepada hutan dan alam sehingga tidak sampai merusak ekosistem yang ada.

Salam sehat

Vera Shinta KBC 26

KomBes Brebes Jateng

VIDEO PILIHAN