Ramai Kabar Pulau Lantigiang Dijual, Ini 4 Keindahan Taman Nasional Taka Bonerate

Ramai Kabar Pulau Lantigiang Dijual, Ini 4 Keindahan Taman Nasional Taka Bonerate

Terbaiknews - KOMPAS.com –Tengah ramai kabar bahwa Pulau Lantigiang yang termasuk ke dalam kawasan Taman...


KOMPAS.com –Tengah ramai kabar bahwa Pulau Lantigiang yang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional (TN) Taka Bonerate diduga telah dijual seharga Rp 900 juta.

Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (30/1/2021), informasi terkait penjualan itu dibenarkan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Jinato Nur Aisyah Amnur.

Padahal menurut Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), TB Haery Rahayu, pulau-pulau di Indonesia tidak boleh diperjualbelikan kepada siapa pun.

Kini, KKP sedang berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menentukan langkah selanjutnya terkait informasi penjualan Pulau Lantigiang ini.

Pesona Taman Nasional Taka Bonerate

Adapun, TN Taka Bonerate yang terletak di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan ini bisa dibilang adalah surga bagi para pencinta wisata laut.

TN Taka Bonerate punya gugusan pulau karang berbentuk cincin atau atoll yang terbesar ketiga di dunia setelah Kwajalein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa.

Luas terumbu karang di sana mencapai 220.000 hektar. Hal tersebut membuat tempat ini jadi habitat bagi ratusan jenis ikan dan biota laut lainnya, sehingga TN Taka Bonerate memiliki banyak sekali pesona wisata yang bisa dinikmati.

Ramai Kabar Pulau Lantigiang Dijual, Ini 4 Keindahan Taman Nasional Taka BonerateAsri/TN Taka Bonerate View salah satu spot diving di Taka Bajang Pogo, Taman Nasional Taka Bonerate

Kawasan ini telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi oleh Belanda pada era kolonial. Menurut Humas dan Pusat Data Informasi TN Taka Bonerate bernama Asri, sebelumnya Taka Bonerate dikenal sebagai Kepulauan Macan.

Setelah dinobatkan sebagai kawasan konservasi, barulah Belanda mengubah namanya menjadi Taka Bonerate yang diambil dari bahasa lokal setempat.

Taka Bonerate, Surganya Karang Indonesia

“Taka itu karang, Bone itu pasir, dan rate itu atas. Jadi kalau diartikan secara harfiah ‘Hamparan Karang di Atas Pasir’,” kata Asri seperti dikutip dari berita Kompas.com.

Berikut ini beberapa pesona dan aktivitas wisata yang bisa dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke TN Taka Bonerate:

Berita dengan kategori