Pengalaman Mahasiswa Saat Magang DI Umbul Ponggok klaten

Pengalaman Mahasiswa Saat Magang DI Umbul Ponggok klaten

Terbaiknews - Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta yang cukup...

Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta yang cukup terkenal di Jalan Raya Desa Ponggok, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Di mana lagi Anda bisa mendapatkan pengalaman snorkeling dan foto di bawah laut dengan tarif murah? Maka tak heran salah satu tempat wisata di Jawa Tengah ini semakin hari semakin kebanjiran pengunjung.Â

Aneka ikan warna-warni yang hidup diÂUmbul PonggokÂdan dasar kolam yang indah menjadikannya sebagai lokasi favorit snorkeling. Tak hanya itu,ÂUmbul PonggokÂjuga sering menjadi tempat latihan diving pemula. Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 -- 2,6 meter tempat ini cocok digunakan untuk lokasi snorkelling.

Berbeda dengan kolam renang yang dasarnya berupa lantai keramik, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti di bawah laut. Bersnorkeling dilaut berbeda dengan di Umbul Ponggok karena tempat ini dibuat dengan sumber mata air yang segar dan begitu jernih sehingga kegiatan didasar kolam akan terlihat dengan bersih.

Karena ke indahan dan sistem pengelolahan nya yang berbasis masyarakat itulah penulis melakukan kegiatan magang di Umbul Ponggok, Dengan adanya kegiatan magang ini penulis sebagai mahasiswa banyak mendapatkan pelajaran dan pengalaman selama berada ditempat magang. Penulis juga dapat belajar bersama masyarakat dan mengetahui cara serta mengembangkan desa dengan penduduk yang berada di desa tersebut. Di Desa Wisata Umbul Ponggok, Jeblogan, Ponggok, kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten , memiliki Âwisata air alami yang unik dan terkenal diluar daerah. Desa Wisata Umbul Ponngok juga sudah banyak pengunjung dari luar daerah dan juga sudah mendapatkan banyak penghargaan. Dengan mengikuti kegiatan magang ini saya juga dapat mengembangkan ilmu dan pengalaman yang penulis dapat dari tempat magang sehingga penulis bisa belajar untuk mengembangkan destinasi wisata yang berada di tempat asal.

Kegiatan magang dilaksanakan di Umbul Ponggok Klaten yang dilakukan selama 30 hari dengan jam kerja 8 jam sehari dan dalam 6 hari dalam seminggu. Kegiatan utama yang berada di umbul ponggok yaitu, penjualan tiket, administrasi,penyewaan alat, merekap data penjualan tiket, merekap data persewaan alat dan merekap pendapatan per hari. Berikut beberapa kegitan yang dilakukan mahasiswa magang dalam kegiatan magang.

1. Penjualan tiket Yaitu penulis melakukan penjualan tiket kepada pengunjung umbul ponggok klaten, sebelum di bukanya jam pengunjung tiket masuk di beri identitas yaitu tanggal dan tahun agar tiket hanya bisa di pakai di hari itu juga agar tidak adanya kecurangan pengunjung, tiket masuk juga harus dihitung berapa banyak penjualan tiket dalam satu hari karena berpengaruh dalam merekap uang tiket, setelah umbul Ponggok tutup barulah melakukan rekap penjualan tiket agar mengetahui berapa uang yang di dapat dalam penjualan tiket dalam satu hari. Dan tentunya dibagian penjualan tiket waktu merekap penjualan tiket perhari harus sesuai dengan uang yang di dapat, jika uang yang didapat tidak sesuai dengan penjualan tiket maka bagian penjual tiket harus mengganti kekurangan tersebut. Di divisi loket mempunyai tanggung jawab yang besar karena berpengaruh dalam penghasilan per hari.

2. Administrasi ÂPenulis dibagian administrasi bertugas untuk melayani pengunjung dalam menyewa foto, menyewa alat renang, memberikan tiket bus jika ada rombongan yang memakai bus, serta memindahkan hasil foto ke pengunjung, di bagian administrasi juga harus merekap berapa jumlah penyewa alat dan berapa pendapatan perhari, disini dalam merekap data harus sesuai dengan penyewaan dan biaya sewa, jika tidak sesuai maka harus wajib menggantinya, di aministrasi juga yang mengurus jika ada rombongan yang akan dating ke umbul ponggok, karena jika ada rombongan wisatawan yang menangani langsung dari administrasi seperti biaya masuk, paket makan dan snack.

Dibagian administrasi harus bisa menjelaskan ke pengunjung apa saja syarat dalam penyewaan alat. Tugas di divisi administrasi juga memembantu operator foto underwater seperti menyiapkan kamera yang akan digunakan untuk memfoto pengunjung di dalam air, serta membantu membersihkan kamera memindahkan foto untuk di berikan ke pengunjung dan membantu pembagian operator foto underwater agar memudahkan dalam pelaksanaan foto underwater

3. Persewaan ÂKegiatan magang selanjutnya adalah di bagian penyewaan alat yaitu memberikan alat sewa yang sudah disewa oleh pengunjung, disini juga harus menjelaskan ke pengunjung bahwa alat yang disewa jangan sampai hilang karena jika sampai hilang pengunjung yang akan menggantinya dengan kesepakatan sebelumnya yaitu dengan membayar denda, di persewaan alat juga harus memeriksa alat penyewaan agar jangan sampai hilang, setelah itu semua alat penyewaan di hitung jumlahnya dan harus sesuai dengan jumlah sebelumnya, tugas dari divisi persewaan juga memcari alat persewaan yang belum dikembalikan oleh pengunjung dengan mengecek sekeliling umbul ponggok,karena terkadang pengunjung lupa untuk mengembalikan alat sewa.

Pengalaman Mahasiswa Saat Magang DI Umbul Ponggok klaten
whatsapp-image-2020-07-27-at-02-35-10-2-5f82a2b9d541df0c3744d764.jpeg
VIDEO PILIHAN