Menikmati Pesona Alam di Era Pandemi

Menikmati Pesona Alam di Era Pandemi

Terbaiknews - Sampurasun!HalloTravellers! Sejak pandemi Covid-19 udah travel bug kemana aja nih? Bingung sih...

Sampurasun!

Hallo, Travellers! Sejak pandemi Covid-19 udah travel bug kemana aja nih? Bingung sih emang, tiap kali mau pergi pasti serba ada aturan. Tapi itu semua buat kebaikan kita bersama. Eits! Masih inget Kebun Raya Cibodas kan? Keindahan alam yang menyuguhkan pemandangan surga dunia.

Pesona alam di Indonesia selalu menjadi alternatif liburan bagi sebagian besar warga metropolitan. Taman hijau yang luasnya hampir 80 hektar dengan topografi lapangan yang bergelombang dan berbukit-bukit ini menjadikan Kebun Raya Cibodas sebagai salah satu tujuan wisata utama untuk berlibur bersama keluarga. Surga dunia ini sudah dikenal lama dan menjadi tujuan wisata domestik hingga mancanegara. Kebun Raya Cibodas yang terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur ini berada di ketinggian 1.275 mdpl dan bersuhu udara 17-24 derajat celcius. Gak heran sih, tempat sesejuk ini sering banget dikunjungin sama warga perkotaan untuk menghilangkan penatnya ibu kota.

Nah, keindahan alam yang ada di Kebun Raya Cibodas didukung dengan adanya 5.831 tumbuhan, baik tumbuhan yang berusia tua maupun yang masih muda. Kalau kamu sendiri masih inget gak? Tempat favorit kamu di Cibodas yang mana? Beberapa lokasi ini jadi tempat favorit bagi para pengunjung selain rumah kaca (green house), adalah Jalan Araucaria (Auracarua Avenue), Air Terjun Cibodas, Sungai, Lokasi Landscape, Kebun Pohon Sakura, Air Mancur, dan Danau yang semua lokasi ini dibalut dengan konsep taman hijau yang sejuh dan indah. Banyak banget kan? Tapi dari sekian banyak lokasi yang ada di Cibodas, lokasi paling mahal untuk diabadikan momennya adalah bunga bangkai.

Menikmati Pesona Alam di Era Pandemi
foto-oleh-beritagar-600d92ed8ede487a52433ca3.jpg
Amorphophallus titanium atau yang bisa kita sebut sebagai bunga bangkai adalah salah satu flora langka yang ada di Indonesia. Bunga bangkai yang pertama kali mekar pada 11 Maret 2004 ini dapat mengeluarkan bau busuk yang dapat tercium dengan radius 100 meter. Luar biasa kan? Keberadaan tumbuhan ini juga di lindungi sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 dan merupakan tumbuhan endemik Indonesia khususnya Sumatera.

Kebun Raya Cibodas yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini memang sempat ditutup sejak Covid-19 muncul. Tapi gak perlu khawatir! Setelah melalui persiapan matang dengan menyedian saran dan prasarana sesuai protokol kesehatan, LIPI kembali membuka Kebun Raya Cibodas pada 17 Juli 2020.

Menikmati Pesona Alam di Era Pandemi
foto-oleh-regional-kompas-com-600d92c6d541df18ce0f2e83.jpg
VIDEO PILIHAN