Mengenal Museum Bersejarah dan Unik di Bogor

Mengenal Museum Bersejarah dan Unik di Bogor

Terbaiknews - Hai teman-temanperkenalkan nama saya Nisrina Bannowati biasa dipanggil Nisrina. Saya adalah...

Hai teman-teman, perkenalkan nama saya Nisrina Bannowati biasa dipanggil Nisrina. Saya adalah mahasiswi pariwisata di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti jurusan Usaha Perjalanan Wisata dan merupakan salah satu penerima Beasiswa KIP Kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Kali ini saya akan berbagi informasi menarik tentang museum-museum bersejarah dan unik di Bogor.

Tak lengkap rasanya kalau kamu berkunjung ke Bogor tetapi belum mengunjungi museum-museum bersejarah nan unik khas Bogor. Selain keindahan alamnya banyak sekali deretan museum yang harus kamu kunjungi di Bogor mulai dari flora fauna, peninggalan sejarah, hingga deretan mobil klasik unik. Museum bisa dijadikan sebagai alternatif destinasi liburan yang edukatif. Beragam koleksinya bisa kamu nikmati sekaligus menyusuri lorong waktu masa lampau.

1. Museum ZoologiÂ

Terletak di dalam Kebun Raya Bogor, Museum Zoologi adalah tempat favorit pecinta satwa atau fauna. Museum ini menyimpan puluhan ribu jenis fauna. Tercatat sekitar 650 jenis binatang mamalia, 1.100 jenis burung yang berasal berbagai wilayah di Indonesia, 600 jenis reptil dan ikan, 10.000 jenis serangga, 700 jenis invertebrata dan moluska sejumlah 2.300 jenis ada di museum ini. Tiket masuk Kebun Raya Bogor seharga Rp 15.000 merupakan tiket terusan untuk masuk ke dalam Museum Zoologi.Â

Mengenal Museum Bersejarah dan Unik di Bogor
sumber : goodnewsfromindonesia.id

Fauna tersebut berada di dalam satu ruangan kaca besar dan ada juga yang dipajang di dinding. Semua fauna tersebut mempunyai ruangan tersendiri, tergantung jenis spesiesnya. kamu akan terpukau melihat fauna-fauna asli Indonesia di sana, seperti bekantan, orang utan, badak bercula satu, burung kasuari, hingga macan dahlan.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.9, RT.04/RW.02, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

2. Museum PETA (Pembela Tanah Air)Â

Mengenal Museum Bersejarah dan Unik di Bogor
sumber : indonesiakaya.com

Museum PETA memiliki halaman luas dan gerbang besi yang besar. Begitu kamu masuk akan disambut dengan patung Jendral Soedirman. Museum ini terletak di pinggir Jalan Sudirman dan tidak sulit untuk menemukannya. PETA sendiri adalah cikal bakalnya TNI. Tentara PETA adalah para pejuang yang mengusir para penjajah. Museum ini menyimpan sejarah tentang terbentuknya PETA dan peranan tentara PETA dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Terdapat dua bangunan dan total 14 diorama di dalamnya. Koleksi senjata para tentara PETA pun berjejer di dalam museum. Dulunya, gedung museum ini pun digunakan sebagai pusat pelatihan tentara PETA.

VIDEO PILIHAN