Kunjungan Wisatawan ke Singapura Anjlok 85 Persen Selama 2020

Kunjungan Wisatawan ke Singapura Anjlok 85 Persen Selama 2020

Terbaiknews - KOMPAS.com – Singapura mengalami penurunan kunjungan wisatawan dan juga penerimaan pariwisata...


KOMPAS.com – Singapura mengalami penurunan kunjungan wisatawan dan juga penerimaan pariwisata selama tahun 2020.

Berdasarkan data dari Singapore Tourism Board (STB) dalam rilis yang diterima Kompas.com, kunjungan wisatawan ke Singapura menurun 85,7 persen pada tahun 2020 menjadi hanya 2,7 juta wisatawan.

Jumlah tersebut hampir semuanya didapatkan dari dua bulan pertama di tahun 2020. Hal yang serupa juga terjadi pada penerimaan pariwisata yang turun 78,4 persen menjadi sekitar 4,4 miliar dollar Singapura pada tiga kuartal pertama tahun 2020.

4 Hal Terbaik yang Bisa Ditemukan di Pameran Star Wars Singapura

Menurut Chief Executive STB Keith Tan, sektor pariwisata Singapura memang harus berjuang keras untuk bertahan pada 2020.

“Bisnis pariwisata kami telah menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi yang luar biasa selama periode yang sulit ini, memperbarui model bisnis mereka serta memanfaatkan teknologi untuk menemukan solusi di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Berbagai perusahaan di sektor pariwisata Singapura memang telah memanfaatkan berbagai dukungan pemerintah setempat untuk melakukan transformasi terhadap produk dan penawaran mereka.

Hal tersebut jadi salah satu cara dan komitmen mereka untuk menjaga warga Singapura tetap aman dan sehat.

Kunjungan Wisatawan ke Singapura Anjlok 85 Persen Selama 2020SHUTTERSTOCK/DEREKTEO Air terjun indoor Jewel Changi Airport, Singapura.

“STB tetap yakin akan posisi Singapura sebagai salah satu tujuan wisata dan bisnis yang menarik dan aman di dunia, serta prospek jangka panjang sektor pariwisata Singapura,” sambung Tan.

Walaupun pariwisata massal belum akan bisa kembali secara signifikan di tahun 2021, Tan memastikan bahwa STB akan terus bediri bersama dengan mitra industri untuk mempersiapkan pemulihan.

Serta mulai membangun masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan untuk sektor pariwisata.

Berita dengan kategori