Jateng di Rumah Saja, Kunjungan ke Pantai Gesing Naik 10 Kali Lipat

Jateng di Rumah Saja, Kunjungan ke Pantai Gesing Naik 10 Kali Lipat

Terbaiknews - YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Kebijakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowoyakni Jateng di rumah saja tak...

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Kebijakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yakni Jateng di rumah saja tak memengaruhi kunjungan wisata ke Kabupaten Gunungkidul.

Namun, hanya satu kawasan yang meningkat pengunjungnya, yaitu Kawasan Pantai Gesing. Di sana ada tempar wisata yang baru dibuka dan viral.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, dari data yang ada kebijakan Jateng di Rumah saja tidak ada penurunan kunjungan wisata saat masa uji coba masa pandemi saat ini.

Pantai Gesing, Rasa Bintang Lima, Harga Kaki Lima

Dari data Dinpar Sabtu 30 Januari 2021, kunjungan mencapai 3.262 wisatawan. Sementara Sabtu (6/2/2021) jumlah kunjungan wisatawan mencapai 3.618 pengunjung.

Namun demikian, kunjungan wisatawan hanya terjadi di pos retribusi gesing. Meningkat 10 kali lipat dibanding seminggu sebelumnya.

Seperti pos retribusi pantai Baron Sabtu 30 Januari 2021 mendapatkan 570 pengunjung dan pada Sabtu (6/2/2021) hanya mendapatkan 320 orang. Hal itu sama seperti retribusi yang lain.

Tiket Pantai di Gunungkidul Kini Bisa Beli via Online

"Peningkatan hanya di pos retribusi pantai Gesing 10 kali lipat dari Sabtu sebelumnya 125 orang, menjadi 1.300 orang," kata Harry saat dihubungi kompas.com, Minggu (7/2/2021).

Ada HeHa Ocean View

Meningkatnya kunjungan wisatawan di sekitar pantai Gesing disebabkan adanya HeHa Ocean View yang baru saja dibuka dan sedang viral.

Selama Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM), kawasan wisata dibuka pukul 03.00 WIB-20.00 WIB. Pengunjung wajib menaati protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, dan tidak berkerumun.

Jateng di Rumah Saja, Kunjungan ke Pantai Gesing Naik 10 Kali LipatDok. HeHa Ocean View HeHa Ocean View

Sebelumnya, kebijakan Jateng di Rumah Saja dikhawatirkan akan mempengaruhi kunjungan wisata ke Gunungkidul.

Berdasarkan data survei yang dilakukan Dinpar pada Oktober 2019 sampai Maret 2020, pengunjung sebagian besar berasal dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju HeHa Ocean View dan Harga Tiketnya

Adapun, lima wilayah terbanyak tertinggi Jawa Tengah 25,5 persen, Jawa Timur 20,14 persen, DIY 16,25 persen, Jawa Barat 11,10 persen dan DKI Jakarta 8,81 persen. Jawa Tengah mendominasi kunjungan ke destinasi wisata Gunungkidul.

Berita dengan kategori