5 Destinasi Wisata Sanggau, Kabupaten Perbatasan Indonesia-Malaysia!

5 Destinasi Wisata Sanggau, Kabupaten Perbatasan Indonesia-Malaysia!

Terbaiknews - Sanggau merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Untuk...

Sanggau merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Untuk mengunjungi Kabupaten Sanggau dapat di akses melalui jalur darat dari Kota Pontianak dengan durasi waktu 3-4 jam perjalanan.

Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia ini memiliki banyak wisata yang dapat dikunjungi. Berikut 5 destinasi wisata Kabupaten Sanggau yang menarik untuk dieksplorasi!

1. Pancur Aji

Wisata alam air terjun bernama Pancur Aji ini merupakan objek wisata Kabupaten Sanggau. Berlokasi sekitar 4 km dari pusat kota Kabupaten Sanggau, wisata ini bisa ditempuh sekitar 20 menit dari pusat kota dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Wisata alam ini sedang dalam pengembangan untuk ditambahkan fasilitasnya. Selain itu wisata pancur aji menjadi opsi pilihan wisata keluarga baik dari Sanggau maupun luar Sanggau.

2. Bukit Macan

Salah satu bukit dengan ketinggian 200-300 mdpl ini berlokasi dekat dengan tepian anak sungai Kapuas. Lebih tepatnya berada di Desa Sungai Muntik, Dusun Kayu Tunu, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

Perjalanan menuju destinasi wisata ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dan memakan durasi perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Kabupaten Sanggau.

3. Gunung Tiong Kandang

Wisata yang juga menjadi bagian dari kawasan hutan lindung ini berada sekitar 83 km atau sekitar 2 jam dari pusat kota Kabupaten Sanggau. Gunung Tiong Kandang bisa menjadi opsi pilihan wisata Kabupaten Sanggau buat kalian yang suka wisata alam.

Tiong Kandang merupakan salah satu bukit dengan ketinggian sekitar 900 mdpl terletak di Dusun Mangkit dan Dusun Mak Ijing Kecamatan Balai Batang Tarang, Kabupaten Sanggau.

Namun, untuk kamu yang merencanakan camp di puncak Tiong Kandang sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada warga setempat karena masih banyaknya kegiatan adat warga lokal yang dilakukan di sekitar bukit.

4. Keraton Surya Negara

Buat kamu yang malas untuk pergi terlalu jauh dari pusat kota, pilihan wisata budaya ini bisa menjadi opsi. Keraton Surya Negara berada di pusat kota Kabupaten Sanggau tepatnya di Jalan Durian.

Keraton Surya Negara merupakan keraton peninggalan Kerajaan Sanggau yang didirikan oleh Putri Daranante. Namun, belum tahu pasti tahun berapa tepatnya keraton ini didirikan.

Keraton Surya Negara ini dibagi ke dalam 7 bagian yakni Rumah Kuta (rumah utama dan kantor raja), Rumah Raden Penghulu (rumah tinggal bagi peghulu, yang bertugas bagian pernikahan dan perceraian), Rumah Tinggi (tempat tinggal kerabat raja), Rumah Balai (tempat pertemuan dan musyawarah), Rumah Laut (tempat tinggal panembahan Haji Sulaiman Paku Negara), Rumah Bosor (tempat tinggal istri panembahan beserta keluarga), dan Masjid Jami Syuhada.

5. Jembatan Tayan

Jembatan terpanjang ketiga di Indonesia ini merupakan jembatan kebanggaan masyarakat Sanggau. Menjadi penghubung Kota Tayan dan Desa Piasak, jembatan ini memiliki panjang total 1.975 meter.

Jembatan Tayan merupakan jembatan Jalur Trans-Kalimantan yang menghubungkan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Perjalanan menuju jembatan ini bisa ditempuh dari pusat kota Kabupaten Sanggau dengan durasi 1-2 jam. Bisa juga dari Kota Pontianak dengan durasi 2 jam perjalanan.

Itulah lima destinasi wisata Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Kira-kira mana yang ingin kamu kunjungi ?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.