Waktu Habis Cuma untuk Kerja? Ini 7 Tips Ciptakan

Waktu Habis Cuma untuk Kerja? Ini 7 Tips Ciptakan "Work-Life Balance"

Terbaiknews - KOMPAS.com - Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi (work-life balance)...

KOMPAS.com - Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi (work-life balance) terkadang menjadi perkara yang tak mudah.

Tak sedikit karyawan yang jam kerjanya berantakan hingga melupakan waktu untuk dirinya sendiri. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang.

Memberikan yang terbaik untuk pekerjaan memang penting. Tapi bukan berarti harus kehilangan waktu untuk kehidupan pribadi.

LinkedIn: Work Life Balance Kunci Kepuasan Bekerja

Bagi yang masih kesulitan mengatur waktu, atau yang merasa waktunya "terbuang" hanya untuk pekerjaan, mungkin perlu memerhatikan tujuh tip efektif ini.

1. Beri batasan

Tetapkan waktu untuk meninggalkan pekerjaan. Jangan lupa beri tahu rekan kerja setim tentang batas waktu tersebut.

Ini adalah praktik yang baik karena memberikan tenggat waktu kepada diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan.

Dengan begitu, kerja bisa menjadi lebih produktif dan efisien. Kecil kemungkinan untuk kembali bekerja di luar batas waktu yang telah ditentukan.

Memberitahu rekan kerja tentang batas waktu membuat mereka tidak mengganggu kita di luar jam kerja. Sekaligus bisa menciptakan lingkup kerja yang sehat.

Menyertakan Aktivitas Me Time Bikin Perawatan Estetik Lebih Efektif

2. Sediakan "me time"

" Me time'"sama pentingnya dengan waktu untuk pekerjaan, teman, dan bahkan keluarga. "Me time" atau waktu diri sendiri bisa mendatangkan kebahagiaan.

Saat seseorang merasa bahagia, otomatis apa pun yang dilakukannya menjadi lebih baik. Entah itu untuk pekerjaan, keluarga, maupun rumah.