Tips Mencuci Bantal Berdasarkan Jenisnya

Tips Mencuci Bantal Berdasarkan Jenisnya

Terbaiknews - KOMPAS.com - Kebersihan bantal harus terjaga agar kita dapat tidur dengan nyamanapalagi bantal...

KOMPAS.com - Kebersihan bantal harus terjaga agar kita dapat tidur dengan nyaman, apalagi bantal berada paling dekat dengan kepala dan wajah.

Selama ini kita mungkin hanya mencuci sarung bantal, seprai dan selimut, saja. Padahal, bantal pun bisa kotor. Setidaknya bantal perlu dicuci setiap empat bulan sekali sehingga lebih awet dan tahan lama.

Bantal memiliki beberapa jenis bahan, seperti bulu angsa, serat dan busa. Perawatan untuk merawat ketiga jenis bantal itu berbeda-beda.

Ada jenis bantal yang dapat dimasukkan ke dalam mesin cuci, dan ada yang harus dicuci dengan tangan atau dry clean (menggunakan cairan khusus tanpa air).

Carolyn Forte, direktur Good Housekeeping Institute Cleaning Lab memberikan panduan mengenai cara mencuci bantal yang benar.

Bantal Mahal Tak Selalu Nyaman untuk Tidur

Mencuci bantal serat poliester dan bulu angsa di mesin cuci

Sebagian besar bantal dengan serat poliester dan bantal bulu angsa ramah mesin, artinya kita dapat memasukkan kedua jenis bantal tersebut ke dalam mesin cuci.

Pastikan kita hanya memasukkan dua bantal ke dalam mesin cuci untuk menjaga mesin cuci tetap awet, dan bantal yang dicuci bisa benar-benar bersih.

Gunakan mesin cuci dengan bukaan di bagian depan atau atas tanpa agitator (perangkat yang berputar maju dan mundur).

Jika model mesin cuci di rumah menggunakan perangkat agitator, letakkan bantal di mesin cuci secara vertikal untuk mengurangi risiko kerusakan akibat agitator.

Kenapa Seprai dan Sarung Bantal di Hotel Berwarna Putih?