Sehat Jiwa dan Raga dengan Menata Rumah

Sehat Jiwa dan Raga dengan Menata Rumah

Terbaiknews - KOMPAS.com - Membersihkan dan menata rumah bukan hanya membuat rumah menjadi tempat yang nyaman...

KOMPAS.com - Membersihkan dan menata rumah bukan hanya membuat rumah menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali, tapi juga menyehatkan jiwa dan raga kita.

Melihat rumah yang rapi, barang-barang tertata di tempatnya, memang membuat kita merasa bahagia. Dalam proses mencapai tujuan itu, fisik kita juga terlatih menjadi lebih bugar. Sayangnya, biasanya orang sering malas melakukannya.

"Tatanan luar yang rapi berkontribusi pada ketenangan batin," ujar penulis dan pakar kebahagiaan, Gretchen Rubin.

Hal itu juga dibuktikan dari studi ilmiah baru-baru ini, yang dimuat ke dalam jurnal National Center for Biotechnology Information.

Studi menunjukkan, kondisi ruangan yang berantakan menciptakan beberapa rangsangan bagi otak kita, dan kita menjadi sulit untuk fokus saat mengerjakan tugas.

Oleh karena itu, membersihkan dan mengatur barang-barang di rumah dikaitkan dengan penurunan perasaan cemas.Melihat barang-barang yang berantakan di rumah tanpa disadari bisa menguras tenaga.

7 Barang yang Kerap Dilupakan Saat Merapikan Rumah

Misalnya saja, tumpukan kertas atau pakaian yang berserakan di lantai adalah pengingat bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Sehat Jiwa dan Raga dengan Menata Rumahshutterstock Ilustrasi membersihkan rumah

Memiliki kendali

Jika rumah dalam kondisi berantakan, jangan tunggu lama lagi untuk membersihkan dan menata ruang agar suasana hati menjadi lebih tenang.

Bekerja di ruangan yang bersih juga dapat membantu kita untuk lebih fokus dan efisien. Tak hanya itu, menata barang-barang juga memberikan kita rasa kendali.