Penyebab Anak Mogok Makan dan Bagaimana Mengatasinya

Penyebab Anak Mogok Makan dan Bagaimana Mengatasinya

Terbaiknews - KOMPAS.com— Susah makan merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi orangtua menghadapi...

KOMPAS.com— Susah makan merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi orangtua menghadapi anak balitanya. Kondisi ini memang tidak bisa diabaikan karena anak bisa kekurangan nutrisi jika ia sering menolak makanan.

Orangtua seringkali sudah berusaha untuk membuat makanan yang disukai buah hatinya, dihias sedemikian rupa, tapi anak tetap saja menutup rapat mulutnya dari makanan.

Untuk kamu yang menghadapi masalah ini, jangan buru-buru kesal, ya. Ketahuilah bahwa mogok makan pada anak akan sering terjadi. Meskipun ini akan membuat orangtua kebingungan, namun tentunya ada solusi yang bisa dicoba.

Mengapa Anak Jadi Susah Makan Selama Pandemi

Cari tahu alasannya

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu mengapa anak mogok makan. Mungkinkah anak terlalu banyak mengonsumsi camilan sebelum makan? Apakah mereka terlalu lelah, atau sekadar bosan? Mungkin juga anak-anak tidak menyukai rasa beberapa makanan yang disajikan oleh orangtuanya.

Ketika sudah diketahui pemicunya, kamu dapat menemukan cara untuk mengatasinya. Misalnya, dengan mengganti sayuran dan lauknya. Cari lauk dan sayuran yang rasanya disukai oleh anak.

Orangtua bisa mengamati apa yang paling disukai anak, apakah cenderung tawar, agak gurih atau manis.

Jika anak bosan, orangtua bisa mencoba mengajak anak ikut menyiapkan makanannya sendiri. Jangan lupa untuk tetap menyisipkan pola makan sehat dengan memasukkan bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Dengan begitu, mereka akan merasa antusias saat waktunya makan tiba. Karena mereka tentu ingin mencoba makanan yang ia buat sendiri.

Benarkah Picky Eater Bisa Sebabkan Stunting pada Anak?

Menghadapi anak yang suka pilih-pilih makanan