Menyikat Gigi Anjing, Bagaimana Caranya?

Menyikat Gigi Anjing, Bagaimana Caranya?

Terbaiknews - KOMPAS.com - Layaknya manusiamakhluk hidup seperti anjing juga perlu memiliki gigi yang...

KOMPAS.com - Layaknya manusia, makhluk hidup seperti anjing juga perlu memiliki gigi yang sehat.

Menyikat gigi anjing peliharaan secara teratur, dapat membantu mencegah penumpukan karang gigi yang memicu masalah seperti kerusakan gigi atau gigi yang rontok.

Gigi yang terawat merupakan senjata bagi anjing untuk mengunyah makanan yang diberikan oleh tuannya.

Sebaliknya, jika gigi anjing tidak dirawat dengan baik, maka akan memicu radang gusi dan menyebabkan gusi rentan berdarah.

Priyanka Chopra Tampil Serasi dengan Anjing Kesayangannya

Mengabaikan perawatan gigi anjing peliharaan juga mengakibatkan infeksi yang dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung, ginjal, atau hati pada anjing.

Menurut data dari American Veterinary Dental Society, 80 persen anjing memiliki masalah gigi saat berusia tiga tahun, dan ras anjing berukuran kecil sangat rentan terhadap masalah ini.

Jika gigi anjing sudah bermasalah, dibutuhkan biaya perawatan yang tinggi untuk menyembuhkan gigi anjing peliharaan.

Karena anjing tidak dapat menyikat giginya sendiri, sudah menjadi tugas kita sebagai tuannya untuk membantu memelihara kesehatan gigi anjing.

Idealnya, kita membersihkan gigi anjing saat ia masih berusia muda. Mulailah dengan menggosokkan jari pada gigi dan gusi anjing selama 30 detik.

Kita dapat menggunakan kain kasa yang dilipat untuk menyikat gigi anjing, atau alat lain seperti sikat gigi bayi lembut, sikat karet lembut, atau sikat gigi yang dirancang khusus bagi anjing.