"Kontroversi" Fesyen dalam Sejarah Keluarga Kerajaan Inggris

Terbaiknews - KOMPAS.com - Busana yang dipakai oleh anggota Royal Family atau Keluarga Kerajaan Inggris rupanya...

KOMPAS.com - Busana yang dipakai oleh anggota Royal Family atau Keluarga Kerajaan Inggris rupanya memberi pengaruh besar bagi tren fesyen.

Pakaian yang dipakai mendiang Putri Diana, Kate Middleton, hingga Meghan Markle kerap menjadi inspirasi bagi orang lain dalam berbusana, bahkan menjadi barometer mode.

Uniknya, keluarga kerjaan juga menjadikan busana sebagai cara untuk berkomunikasi dengan masyarakat, karena bisa menyiratkan maksud tertentu.

"Anggota Keluarga Kerajaan tidak akan pernah membicarakan penampilan mereka," kataElizabeth Holmes, penulis "HRH: So Many Thoughts on Royal Style".

"Mereka tidak akan berpidato dan berkata, 'inilah alasan saya memakai ini.' Mereka membiarkan kita mencari sendiri artinya."

Buku yang dia tulis, HRH: So Many Thoughts on Royal Style merupakan gambaran lebih jelas mengenai para wanita House of Windsor dan pakaian mereka, dimulai dari Ratu Elizabeth II.

Holmes mengatakan, mantan menantu Ratu Elizabeth II, Putri Diana termasuk pendobrak yang berani mengenakan pakaian yang berbeda untuk memberi pesan khusus.

"Dia menyampaikan pesan dari pakaiannya tanpa harus bicara," kata Holmes.

"Saya pikir hal itu membantu menjelaskan mengapa kemudian kita peduli dengan apa yang dipakai Kate dan Meghan dan berusaha menangkap pesan yang ingin mereka sampaikan."

"Diana adalah yang pertama menjadikan busana Keluarga Kerajaan sebagai sesuatu yang menarik," sambung dia.