Gratis, 6

Gratis, 6 "Obat Mujarab" untuk Hidup Lebih Sehat, Sudah Coba?

Terbaiknews - KOMPAS.com - Banyak orangmengalami kondisi streskurang tidurdan kelebihan berat badan.Belum lagi...

KOMPAS.com - Banyak orangmengalami kondisi stres, kurang tidur, dan kelebihan berat badan.

Belum lagi penyakit yang muncul karena gaya hidup, yang sebagian besar dapat dicegah. Misalnya penyakit jantung, kanker, stroke, dan diabetes.

Kelebihan berat badan atau obesitas berkontribusi pada 50 persen orang dewasa yang menderita tekanan darah tinggi, 10 persen diabetes dan tambahan 35 persen dengan pra diabetes.

Anak-anak Bisa Idap Diabetes, Ini yang Perlu Orangtua Tahu

Kendati begitu, sesungguhnya ada "obat-obatan gaya hidup", yang dapat "diresepkan" gratis oleh dokter untuk semua pasiennya.

Pengobatan gaya hidup tersebut adalah aplikasi klinis dari perilaku sehat untuk mencegah, mengobati, dan menyembuhkan penyakit.

Ada enam "obat mujarab" yang bisa dipakai untuk mengatasi semua permasalahan itu, yakni menyantap makanan nabati non olahan, aktivitas fisik teratur, dan tidur restoratif.

Lalu manajemen stres, mengurangi atau bahkan menghapus kecanduan, dan selalu bersikap positif dari sisi psikologi dan hubungan sosial.

Pandangan ini diuraikan oleh Yoram Vodovotz, Profesor bedah di Universitas Pittsburgh, dan Michael Parkinson, Direktur Medis Senior untuk Kesehatan dan Produktivitas di UPMC Health Plan Workpartners, Universitas Pittsburgh.

Mari kita urai satu per satu keenam "obat mujarab" tersebut.

1. Makanan nabati non olahan

Diet kaya buah-buahan, sayuran, dan biji-bijianm serta lebih rendah produk hewani dan makanan olahan dikaitkan dengan pencegahan banyak penyakit.