Berapa Kalori yang Harus Dibakar untuk Menurunkan 1 Kg Berat Badan?

Berapa Kalori yang Harus Dibakar untuk Menurunkan 1 Kg Berat Badan?

Terbaiknews - Defisit kalori adalah kunci sukses menjalani diet. Jadiuntuk bisa memangkas bobot berlebihkamu...

Defisit kalori adalah kunci sukses menjalani diet. Jadi, untuk bisa memangkas bobot berlebih, kamu perlu membakar lebih banyak kalori dari jumlah kalori yang dikonsumsi.

Hal ini membuat banyak orang bertanya, sebenarnya berapa kalori yang harus dibakar untuk menurunkan 1 kg berat badan?

Hitung-hitungan soal kalori dan berat badan sebenarnya tidak sama untuk semua orang. Sebab, proses pembakaran dan metabolisme tubuh tiap orang berbeda-beda.

Namun secara umum, 1 pound (0,45 kg) lemak diperkirakan mengandung 3.500 kalori. Jadi, jika 1 kg berat badan = 2,2 pound, maka untuk menurunkan berat badan 1 kg, kita diperkirakan perlu membakar sekitar 7.700 kalori.

Sehingga, apabila kamu mengurangi 500-1.000 kalori per hari, maka kamu akan bisa menurunkan 1 kg berat badan dalam waktu 1 minggu.

Jika rutin dilakukan, maka dalam waktu 1 bulan kamu bisa saja menurunkan berat badan hingga 4 kg atau bahkan lebih.

Berapa Jumlah Kalori yang Dibakar Saat Bersepeda?

Meski begitu, perlu diingat bahwa berat badan manusia tidak hanya terdiri dari lemak, tapi juga otot, air, dan jaringan-jaringan lain di tubuh.

Oleh karena itu, akan ada banyak faktor yang memengaruhi perjalanan dalam usaha menurunkan berat badan.

Biasanya, semakin banyak berat badan yang dipangkas, maka waktu yang dibutuhkan untuk membakar lemak menjadi lebih lama.

Jadi, penurunan 1 kg selama 1 minggu bisa saja terjadi di awal masa diet. Namun saat kamu mencapai berat badan tertentu, proses ini bisa melambat.