Belanda Duduki Peringkat Teratas Kecakapan Bahasa Inggris

Belanda Duduki Peringkat Teratas Kecakapan Bahasa Inggris

Terbaiknews - KOMPAS.com - Belanda tetapi berada di peringkat teratas dalam kecapakan bahasa Inggris di luar...

KOMPAS.com - Belanda tetapi berada di peringkat teratas dalam kecapakan bahasa Inggris di luar negara bukan penutur asli Bahasa Inggris, versi EF English Proficiency Index (EF EPI) tahun 2020. Denmark dan Finlandia menyusul di posisi kedua dan ketiga.

EF EPI dilakukan dengan menganalisis 2,2 juta orang bukan penutur asli bahasa Inggris di 100 negara dan wilayah.

“Sebagai bahasa pengantar global, bahasa Inggris terus menyatukan manusia dari berbagai negara, dan EF EPI memuat wawasan berharga bagi para pembuat kebijakan dalam mengevaluasi dan memperkuat kemampuan pembelajaran bahasa bagi organisasi maupun pemerintah mereka,” kata Dr. Christopher McCormick, EF Executive Vice President for Academic Affairs.

EF EPI menggunakan nilai tes dari EF Standard English Test (EF SET), tes bahasa Inggris standar yang tersedia secara gratis pertama di dunia. EF SET telah digunakan di berbagai negara oleh ribuan sekolah, perusahaan, dan pemerintah untuk tes berskala besar.

Temuan EF EPI 2020 menyebutkan, kecapakan bahasa Inggris orang Eropa secara konsisten kuat. Kecakapan 27 dari 33 negara di benua tersebut mengalami peningkatan sejak tahun lalu.

Cara Mudah Mengajarkan Matematika dan Bahasa Inggris pada Balita

Daftar lima besar kecakapan bahasa Inggris adalah Belanda, Denmark, Finlandia, Swedia, dan Norwegia.

Kesenjangan terbesar antara peraih nilai tertinggi dan terendah terdapat di Asia. Indonesia berada di urutan 74 dari 100.

Di seluruh dunia, kelompok orang berusia 26–30 tahun memiliki kecakapan bahasa Inggris tertinggi.

Namun, orang dewasa yang berusia di atas 40 tahun memperoleh nilai lebih baik dibandingkan kelompok usia 18–20 tahun—menegaskan peran universitas dan tempat bekerja dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris.

Persaingan di sektor swasta mendorong banyak perusahaan secara aktif mengutamakan kecakapan bahasa Inggris dan berinvestasi dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris.

Jika dibandingkan dengan sektor swasta, kemampuan bahasa Inggris di sektor publik tertinggal jauh.

Cara Paling Gampang Belajar Bahasa Asing