Air Lemon untuk Diet, Apakah Efektif Menurunkan Berat Badan?

Air Lemon untuk Diet, Apakah Efektif Menurunkan Berat Badan?

Terbaiknews - KOMPAS.com - Air lemon untuk diet sering disebut dapat membantu penurunan berat badan. Bagaimana air...

KOMPAS.com - Air lemon untuk diet sering disebut dapat membantu penurunan berat badan. Bagaimana air lemon membantu kita untuk menurunkan berat badan? Cek faktanya di sini.

Ada beberapa klaim manfaat air lemon untuk diet berserta kajian ilmiah di baliknya, misalnya:

1. Membantu tubuh senantiasa terhidrasi

Mencukupkan kebutuhan cairan amat penting untuk kondisi hidrasi, mulai dari mengendalikan temperatur tubuh hingga meningkatkan performa fisik.

Bahkan, ada penelitian yang menemukan bahwa senantiasa terhidrasi berkorelasi terhadap penurunan berat badan.

Misalnya, dalam sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Nutrition, meningkatkan hidrasi tubuh berpotensi untuk meningkatkan pemecahan lemak dan mempercepat tubuh untuk ‘menyingkirkan’ lemak.

Karena sebagian besar air lemon pada dasarnya adalah air putih, minuman ini berpotensi membantu kita senantiasa terhidrasi. Namun, manfaat tersebut tentu ada pada air putihnya.

Manfaat Air Lemon yang Jarang Diketahui

2. Rendah kalori

Tanpa dicampurkan bahan lain, campuran air dengan perasan buah lemon menghasilkan minuman yang rendah kalori. Misalnya saja, jika kita memeras setengah buah lemon, energi yang didapatkan hanya enam kalori saja.

Jumlah ini tentu jauh lebih rendah dibandingkan minuman berasa lain, termasuk jus jeruk. Menggantikan minuman ‘rasa-rasa’ dengan jus lemon dapat mengurangi asupan kalori, sehingga diyakini dapat menurunkan berat badan jika dilakukan dengan konsisten.