10 Tips Jaga Kesehatan saat Musim Hujan

10 Tips Jaga Kesehatan saat Musim Hujan

Terbaiknews - KOMPAS.com— Udara dinginlembap dan mendung yang identik dengan musim hujan bisa membuat daya...

KOMPAS.com— Udara dingin, lembap dan mendung yang identik dengan musim hujan bisa membuat daya tahan tubuh menurun, apalagi aktivitas fisik cenderung menurun. Jika kita tidak berhati-hati, penyakit mudah menyerang.

Di masa pandemi seperti sekarang, menjaga imunitas tubuh adalah modal dasar kita terhindar dari virus. Terlebih kasus harian Covid-19 masih tinggi.

Berikut 10 tips menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh di kala musim hujan.

1. Jaga kebersihan pribadi

Ada banyak virus dan bakteri yang mengintai di sekitar kita dan menunggu untuk menyerang orang yang daya tahan tubuhnya lemah. Tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Mencuci tangan, mandi setelah bepergian, hingga memakai masker.

2. Perkuat imunitas

Cara terbaik untuk memulai sistem pertahanan adalah mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung vitamin, serat, dan mineral. Jika diperlukan, konsumsi suplemen. Minum teh hijau juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, lho!

Seduhan Herbal untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

3. Gunakan pakaian dan alas kaki yang kering

Apabila kamu sering menghabiskan waktu di luar rumah, sebaiknya siapkan pakaian dan alas kaki ekstra yang bisa kamu pakai saat bajumu basah karena terkena air hujan.

Pakaian dan sepatu basah sering menjadi rumah bagi mikroba, begitu pula cucian kotor. Pastikan untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang bersih dan benar-benar kering.