Ikutan WHO, RI Mau Bikin Vaksin Virus Corona

Ikutan WHO, RI Mau Bikin Vaksin Virus Corona

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Tak mau kalah dengan World Health Organization/Organisasi Kesehatan Dunia...
Jakarta, CNBC Indonesia - Tak mau kalah dengan World Health Organization/Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), para ilMUwan dan medis di IndoneSia juga berkeinginan kuat untuk mengembangkan vaksin untuk memberantasÂvirus corona yang tengah mewabah.
WHO sebelumnya mengumumkan memerlukan waktu setidaknya 18 bulan untuk pembuatan vaksin virus corona COVID-19.
"Vaksin pertama bisa siap dalam waktu 18 bulan. Untuk saat ini, kita tidak berdaya dan hanya bisa menggunakan "senjata" yang ada untuk melawan virus ini," kata Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus yang dikutip dari Fox, Selasa lalu.

Tak hanya WHO, Lembaga Biologi Molekuler (LBM)ÂEijkman di Indonesia saat ini tengah mengupayakan pengembangan vaksin untuk COVID-19. Hal ini diketahui dari pemaparan Prof David H Muljono, dr, SpPD, FINASIM, PhD, peneliti senior di LBM yang menjelaskan rencana pengembangan vaksin masih menjadi bahasan awal.
"Rencana pengembangan vaksin telah dilakukan pembahasan awal dengan PT Biofarma untuk mengembangkan vaksin COVID-19," katanya saat memaparkan materi di Auditorium Sitoplasma, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, mengutip Detik Health, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).
"Jika belum tersedia isolat virus 2019-nCoV melalui kemampuan bioinformatika yang telah dikuasai akan dilakukan kajian in-silicon (menggunakan komputer) untuk mengidentifikasi bagian-bagian antigenik dari virus 2019-nCoV," paparnya.

[Gambas:Video CNBC]


(gus)
Source : https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20200213194457-33-137784/ikutan-who-ri-mau-bikin-vaksin-virus-corona