H&M dan Lee Berkolaborasi Rilis Jeans dari Katun Daur Ulang

H&M dan Lee Berkolaborasi Rilis Jeans dari Katun Daur Ulang

Terbaiknews - - Pencemaran lingkungan dari dunia fesyen menjadi hal yang dikhawatirkan penduduk dunia. Banyaknya...

- Pencemaran lingkungan dari dunia fesyen menjadi hal yang dikhawatirkan penduduk dunia. Banyaknya limbah dari busana bekas dan proses pembuatan busana ternyata tidak kalah merusak dibanding limbah plastik.

Karenanya banyak brand fesyen mencari cara untuk menghasilkan produk yang lebih ramah lingkungan. Inilah yang dilakukan HM dengan merek denim asal Amerika, Lee, untuk menghasilkan denim berkelanjutan.

Ini adalah kolaborasi pembuatan koleksi denim menggunakan katundaur ulang, mulai dari tahap desain hingga produksi. Selain itu, back patches yang dipakai bukan dari kulit, melainkan bahan vegan yang terbuat dari gabus.

Katun daur ulang terbuat dari 80 persen limbah pasca-industri dan 20 persen limbah pasca-konsumen. Ada juga denim yang bebas kapas, dibuat dari serat buatan yang dapat diperbarui, serta pewarna hemat air dan proses pencucian yang lebih hemat air dan energi.

Uniknya, dalam kolaborasi ini HM juga akan membagikan data Life Cycle Assessment (LCA) di hm.com yang menunjukkan dampak air, C02 dan energi dari pembuatan setiap produk dari bahan mentah hingga akhir penggunaan.

Adapun koleksi ini berisi siluet oversized dan potongan biasa, serta bentuk pakaian work wear yang merupakan desain awal Lee saat denim dipakai oleh para pekerja.

H&M dan Lee Berkolaborasi Rilis Jeans dari Katun Daur UlangHM Koleksi HM X Lee
Untuk koleksi wanita, ada jeans lebar dan longgar memiliki nuansa era tahun 90-an, sementara jaket Rider klasik Lee dibuat ulang dengan bentuk siluet badan yang oversized.

Ada juga korset denim untuk kesan feminin, serta overalls dan over shirts yang menghadirkan nuansa work wear fungsional.

Untuk koleksi pria, ada jaket work wear dengan desain asli Lee, celana jeans lima saku dari katun daur ulang, sedangkan carpenter jeans santai dibuat menggunakan pewarna laser ramah lingkungan dan hemat air.

Ada juga work wear overalls, topi bucket denim, dan tote bag, serta jersey yang berkelanjutan untuk melengkapi koleksi.

“Kami senang bekerjasama dengan Lee untuk mendorong perubahan dalam koleksi berkelanjutan. Sungguh luar biasa bekerja dengan desain ikonik Lee dan memberi mereka sedikit cita rasa kami, yang dapat kami bagikan ke pecinta denim HM di seluruh dunia,” kata Jon Loman, desainer HM.

Hal serupa juga diungkapkan Chris Waldeck, Global Brand President, Lee.

“Lee bangga bisa berkolaborasi dengan HM untuk membuat denim yang lebih baik. Brand kami didirikan lebih dari 130 tahun yang lalu atas dasar inovasi, dan kami senang bisa bergabung dengan HM untuk mendorong konsep denim yang berkelanjutan.”

Lee x HM terdiri dari koleksi untuk wanita, pria, dan anak-anak, dan tersedia secara online, serta beberapa toko HM tertentu, mulai tanggal 4 Februari.

HM Ubah Sampah Plastik di Indonesia Jadi Pakaian Anak

Berita dengan kategori