Gegara Miskom, Karyawan Ini Disuntik 5 Dosis Vaksin Corona

Gegara Miskom, Karyawan Ini Disuntik 5 Dosis Vaksin Corona

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Seorang karyawan di Singapore National Eye Centre (SNEC) disuntik lima...

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang karyawan di Singapore National Eye Centre (SNEC) disuntik lima dosis vaksin corona Pfizer-BioNTech karena adanya miskomunikasi (miscommunicaton). Hal ini disampaikan oleh Kementerian Kesehatan pada Sabtu (6/2/2021) lalu.

Kesalahan tersebut terjadi pada 14 Januari saat vaksinasi yang dilakukan di SNEC untuk anggota stafnya.


"Kesalahan ditemukan dalam beberapa menit setelah vaksinasi ketika staf sedang beristirahat di area yang ditentukan setelah vaksinasi," kata SNEC dalam siaran pers, dikutip dari Channel News Asia (CNA).

"Dokter senior segera diberitahu dan staf tersebut dinilai dan ditemukan dalam keadaan sehat, tanpa reaksi atau efek samping yang merugikan."

Sebagai tindakan pencegahan, karyawan tersebut dirawat di Rumah Sakit Umum Singapura (SGH) untuk observasi.

"Kondisi staf tetap stabil sepanjang waktu dan staf diberhentikan dua hari kemudian. Kami telah menindaklanjuti secara dekat dengan staf, yang tetap sehat," kata SNEC.

Setelahnya, vaksinasi di pusat mata nasional tersebut segera dihentikan dan seluruh karyawannya divaksinasi di SGH. Menurut SNEC, investigasi menunjukkan bahwa itu adalah kesalahan manusia akibat dari komunikasi yang tidak lancar di antara tim vaksinasi saat itu.

"Staf yang bertugas mengencerkan vaksin telah dipanggil untuk menangani masalah lain selama persiapan vaksin, dan anggota staf kedua salah mengira dosis yang tidak diencerkan di dalam vial untuk siap diberikan," kata SNEC.

Direktur medis SNEC Profesor Wong Tien Yin, meminta maaf atas kejadian tersebut dan mengatakan telah melakukan "tinjauan menyeluruh" terhadap proses internalnya dan telah mengambil langkah untuk memastikan bahwa penyimpangan tersebut tidak terjadi lagi.

"SNEC memandang serius insiden ini. Keamanan mereka yang menerima vaksinasi selama latihan vaksinasi staf kami adalah prioritas utama kami. Kami sangat menyesalkan kejadian ini," katanya.

"Kami telah meminta maaf kepada staf terkait dan keluarga staf. Kami akan terus memantau kesehatan staf dengan cermat dan memberikan dukungan yang diperlukan."

Menurut Kementerian Kesehatan, data uji klinis dari Pfizer-BioNTech telah mengindikasikan bahwa menerima lebih dari dosis yang direkomendasikan vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech tidak mungkin berbahaya.

Mereka menambahkan bahwa insiden di SNEC adalah insiden yang terisolasi, dan belum diberitahukan tentang insiden serupa di lokasi vaksinasi lain.

Singapura mulai memvaksinasi petugas perawatan kesehatan pertamanya pada 30 Desember 2020 dalam uji coba skala kecil yang dijalankan di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular. Vaksinasi kemudian diluncurkan ke institusi perawatan kesehatan lain dan pekerja di sektor seperti penerbangan dan transportasi darat.

Sementara penduduk lansia di seluruh Singapura akan secara bertahap ditawarkan vaksin mulai pertengahan Februari 2021.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Berita dengan kategori