Bingung Dekorasi Imlek? Bunga Bakung Bisa Jadi Pilihan Lho

Bingung Dekorasi Imlek? Bunga Bakung Bisa Jadi Pilihan Lho

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - PerayaanÂImlek sangat identik dengan dekorasi tanaman hias. Tidak...

Jakarta, CNBC Indonesia - PerayaanÂImlek sangat identik dengan dekorasi tanaman hias. Tidak jarang, banyak yang meminati tanaman hias bunga bakung atau Narcissus Chinese Sacred Lily di hari istimewa tersebut.

Tanaman bunga bakung terkenal sangat cantik dan memiliki bunga kecil berwarna kuning keemasan, dengan kelopak berwarna putih bersih. Lazimnya, bunga bakung memiliki 5 sampai 10 bunga per batang.
Melansir laman Gardenia, bunga bakung dibawa ke Amerika Serikat (AS) oleh warga China pada tahun 1800-an. Seiring berjalannya waktu, tanaman yang bisa tumbuh mekar dalam 3 hingga 5 minggu ini digunakan sebagai hiasan dalam perayaan Imlek karena memiliki makna keberuntungan untuk tahun yang akan datang.
Menariknya, bunga bakung bisa tumbuh di luar ruangan dengan iklim yang hangat. Pada saat musim gugur, tanaman ini akan mekar dengan sempurna, tidak seperti tumbuhan umbi lainnya.
Bunga bakung tidak membutuhkan sinar matahari langsung selama masa pertumbuhannya. Bunga bakung hanya membutuhkan air agar bisa mekar secara sempurna. Keunikan lain yang dimiliki oleh bunga bakung adalah ia bisa tumbuh di dalam pot atau wadah berisi air dengan beberapa batu yang menahannya.
Ini dia beberapa petunjuk dan tips dari laman The Spruce, untuk menanam bunga bakung.
Siapkan Wadah
Siapkan wadah kecil tanpa lubang drainase. Tidak dibutuhkan tanah ke dalam wadah, namun hanya perlu menambahkan beberapa butir batu, kelereng, atau kerikil saja di sepanjang wadah.



Posisi penanaman
Posisikan umbi bunga bakung dengan ujung runcing di atas lapisan batu. Tambahkan lapisan batu lain untuk mengisi celah. Jika Anda ingin menanam beberapa bunga bakung dalam satu wadah, jarak yang rapat tidak jadi masalah.
Tambahkan Air
Tambahkan air secukupnya ke dalam wadah hingga mencapai pangkal umbi. Biarkan bagian bawah umbi terendam dan akan merangsang untuk tumbuh. Jika menutupi seluruh umbi dengan air hanya dapat menyebabkan tanaman membusuk.
Akar
Sampai titik ini, umbi harus disimpan dalam suhu dingin sekitar 18 derajat celsius. Tanaman tidak membutuhkan cahaya, jadi Anda bisa menyimpan bunga bakung dalam kegelapan. Jangan lupa untuk memeriksa air pada tanaman ya. Tambahkan sedikit air jika mulai surut.
Pindahkan Pot
Saat akar mulai tumbuh, sekarang saatnya untuk dipindahkan ke jendela yang cerah. Semakin cerah, akan semakin baik. Tapi hindari suhu terlalu hangat.
Mekar
Bunga bakung akan mekar selama paling tidak satu atau dua minggu sebelum akhirnya memudar. Bunga tanaman hias ini akan bertahan lebih lama jika Anda memindahkan pot dari sinar matahari langsung ke tempat sejuk dengan cahaya tidak langsung.
Berita selengkapnya >>> Klik di sini


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Berita dengan kategori