5 Aktivitas Gratis, Ampuh Tingkatkan Kebahagiaan dengan Cepat

5 Aktivitas Gratis, Ampuh Tingkatkan Kebahagiaan dengan Cepat

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Stres dan cemas tentunya akan menjadi bagian tidak terlewatkan saat...

Jakarta, CNBC Indonesia - Stres dan cemas tentunya akan menjadi bagian tidak terlewatkan saat masa-masa sulit pandemi Covid-19 ini.

Kendati demikian dirasakan atau tidak, stres yang berkepanjangan dapat menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit degeneratif serta menurunnya imun atau kekebalan tubuh.


Seorang asisten profesor administrasi bisnis di Harvard Business School dan penulis Time Smart, Ashley Whillans, mengungkapkan bahwa menghargai waktu daripada uang mengarah pada peningkatan kebahagiaan dan kesejahteraan.

Para peneliti telah menemukan bahwa pola pikir yang lebih optimis membantu kesejahteraan finansial.

Berikut adalah lima aktivitas gratis yang disarankan untuk meningkatkan kebahagiaan Anda melansir CNBC International.

1.Atur tugas Anda (5 menit)

Jika Anda memiliki lima menit luang di antara aktivitas, aturlah tugas kecil yang perlu Anda selesaikan dan mulailah memeriksanya.

"Merencanakan apa yang harus kita lakukan dan kapan akan melakukannya dapat mengurangi penundaan dan membantu kita mengurangi stres," katanya kepada Grow.

"Saat kita merasa stres, kita sering terpaku pada gambaran besar sehingga sangat membantu untuk mengambil masalah besar dan memecahnya menjadi langkah-langkah kecil yang dapat ditindaklanjuti," ungkap dia.

2. Kirim pesan kepada seseorang yang penting (5 menit)

Mengirim pesan kepada seseorang yang penting bagi Anda yang sudah lama tidak Anda ajak bicara juga penting dilakukan.

"Kirimlah kepada seseorang foto lucu atau gambar hewan peliharaan atau kenangan menyenangkan yang Anda miliki. Salah satu manfaat dari pengalaman atau aktivitas sosial adalah Anda dapat menghidupkannya kembali, jadi cobalah untuk menghidupkan kembali pengalaman positif yang Anda alami dengan teman atau anggota keluarga melalui gambar atau video pendek," kata dia.

3.Periksa saldo hari liburan Anda (5 menit)

"Mengetahui berapa hari yang Anda miliki dan memikirkan tentang apa yang mungkin Anda lakukan dengan ini dapat membantu Anda memvisualisasikan benar-benar menindaklanjuti dan mengambil liburan berbayar Anda," kata Whillans.

Orang Amerika diketahui berhemat pada hari-hari liburan. Sebanyak 75% orang Amerika (pra-pandemi) tidak menggunakan semua waktu liburan yang mereka miliki.

"Kita perlu memvisualisasikan dan merencanakan liburan untuk membantu mendorong kita agar menindaklanjuti, karena memutuskan cuti kerja meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres," ungkap dia.

4. Tonton video alam yang menenangkan (hingga 10 menit)

Jika Anda memiliki waktu luang 10 menit, Whillans menyarankan untuk menonton video alam santai di internet.

Orang-orang yang menonton konten dari "Planet Earth II," serial BBC tentang satwa liar, merasakan peningkatan kepuasan, kegembiraan, hiburan, dan keingintahuan, menurut penelitian University of California, Berkeley tahun 2017.Video tersebut juga mengurangi perasaan lelah, marah, dan stres.

5.Tulis entri jurnal (hingga 10 menit)

Whillans menulis bahwa membuat jurnal dapat meningkatkan kebahagiaan.

Membuat jurnal adalah cara untuk mengendalikan emosi menurut University of Rochester, jurnal dapat membantu mengelola kecemasan, mengurangi stres, dan mengatasi depresi. Ini juga dapat membuat Anda merasa lebih baik dengan membantu Anda memprioritaskan masalah, memberikan kejelasan tentang pemicu emosional, dan mengungkapkan beberapa pola pikir negatif Anda.

"Memprioritaskan waktu terkait dengan kebahagiaan lebih dari yang diharapkan kebanyakan orang. Bagaimana kita bisa mendapatkan kendali yang lebih besar dari waktu ke waktu dan kebahagiaan tidak selalu melibatkan keputusan besar dalam hidup seperti berhenti dari pekerjaan kita atau pindah ke kota lain," Whillans Grow.

Terkadang hanya perlu melakukan jenis aktivitas yang tepat selama beberapa menit sehari.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)